Sukses

Indonesia Tertarik Jadi Tuan Rumah Konferensi Cyber Dunia

Indonesia tertarik untuk menjadi tuan rumah acara Global Conference Cyberspace pada tahun 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Konferensi Global Dunia Maya atau Global Conference Cyberspace (GCCS) 2015 baru selesai digelar di Den Haag, Belanda. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dan APJII turut hadir dalam acara tersebut.

Pada kesempatan pidato, Rudiantara menyatakan bahwa Indonesia tertarik untuk menjadi tuan rumah acara Global Conference Cyberspace pada tahun 2017.

"Dengan rendah hati, kami mengajak seluruh peserta untuk menerima ketertarikan Indonesia sebagai tuan rumah GCCS untuk menjaga keberlanjutan semangat siber sekuruti yang hidup di Den Haag," kata Rudiantara di hadapan 2.000-an peserta dari seluruh dunia di Hall World Conference, Deen Haag.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum APJII, Semuel A Pangerapan, menyatakan sangat mendukung dan siap bekerjasama untuk menggelar acara tersebut. Menurut Sammy, demikian panggilan akrabnya, dengan menggelar acara siber sekuriti maka efeknya bagi ekosistem ICT Indonesia akan semakin bagus. Efek itu bisa dipengaruhi dengan berbagai konsep tentang keamanan jaringan dalam upaya membuat keamanan masyarakat dalam berinternet.

"Ini terobosan dan keberanian dari Kominfo untuk menggelarnya. APJII mendukung penuh dan siap melibatkan rekan-rekan ISP anggota APJII dalam pelaksanaannya," kata Sammy.

Di event ini, isu-isu yang dibahas adalah mengenai keamanan, kebebasan, bisnis dan tanggung jawab sosial. Bagaimana pengalaman masing-masing negara dalam menjalankan keamanan internet dengan tetap mempertimbangkan bisnis dan juga sosial serta kebebasan berinternet, itu sangat penting.

Menurut Sammy, APJII sudah berpengalaman menggelar event internasional antara lain APRICOT 2007, IGF 2013, dan September nanti ada APNIC Meeting di Jakarta. Dua event yang sudah jalan semuanya sukses dan dapat apresiasi dari internasional.

APJII menyatakan siap bekerja sama dengan Kemenkominfo, Deplu, Polhukam, dan Civil Society lain untuk mewujudkan cita-cita Rudiantara. Nantinya kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah GCCS2017 tinggal ditindaklanjuti ke board dari GCCS.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini