Sukses

Serunya Mengontrol Smartphone Dengan Kuku Jempol

Peneliti Massachusetts Institute of Technology (MIT), telah mengembangkan trackpad nirkabel mini yang dapat diaplikasikan di kuku jempol.

Liputan6.com, Jakarta - Tim peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat, telah mengembangkan trackpad nirkabel mini yang dapat diaplikasikan di kuku jempol. Teknologi yang disebut NailO ini mirip dengan nail art sticker yang biasa digunakan sebagai aksesoris fesyen.

Alat ini bisa ditempelkan pada ibu jari pengguna dan dapat dikendalikan dengan cara men-swipe permukaannya. 'NailO adalah wearable device yang bentuknya mirip dengan nail art sticker," kata peneliti MIT.

"NailO berfungsi sebagai trackpad miniatur dengan ketebalan menyerupai kuku yang dapat terhubung ke perangkat mobile. Juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan perangkat agar sesuai dengan style masing-masing," tambahnya.

NailO memungkinkan pekerja untuk melakukan fungsi yang berbeda pada ponsel atau PC dengan gerakan berbeda, dan pengguna dapat dengan mudah mengubah penampilan dengan lapisan desain nail art, menciptakan kombinasi fungsi dan estetika. Demikian seperti dilansir Mirror, Senin (20/4/2015).

NailO (dailymail.co.uk)

Cindy Hsin-Liu Kao, seorang mahasiswa pascasarjana MIT jurusan seni media dan ilmu pengetahuan, yang juga sebagai ketua peniliti mengatakan bahwa perangkat ini terinspirasi dari stiker warna-warni yang biasa dipakai pada kuku wanita.

"Ini produk kosmetik, yang populer di negara-negara Asia. Ketika saya datang ke sini (Asia), saya mencarinya tapi tidak bisa menemukan mereka (nail art sticker)," ujar Kao.

Tim peneliti MIT mengatakan, kelebihan dari NailO adalah dapat digunakan dengan mudah. Mengusap ibu jari adalah kegiatan alami, sehingga kebanyakan orang tidak akan menyadari bahwa pengguna sedang mengontrol perangkat.

Trackpad from Cindy (Hsin-Liu) Kao on Vimeo.

Trackpad from Cindy (Hsin-Liu) Kao on Vimeo.

 

(isk/dhi)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini