Sukses

10 Karakter Wanita Penuh Inspirasi di Dunia Video Game

Berikut 10 karakter wanita penuh inspirasi yang ada di dunia video game. Apakah karakter wanita favoritmu ada di daftar ini?

Liputan6.com, Jakarta - Eksistensi karakter wanita di dunia video game kini harus diperhitungkan. Pasalnya, banyak game developer yang berpikir bahwa karakter jagoan yang hadir menghiasi dunia game tidak harus karakter pria. Hal ini semakin diperkuat dengan munculnya banyak sosok karakter wanita tangguh yang hadir di judul-judul game populer.

Para karakter kaum hawa ini tentunya dinilai penuh inspirasi lantaran bukan karena paras dan penampilannya saja, namun juga masing-masing dari mereka memiliki kisah perjuangan yang pelik, dan kepribadian serta kekuatan mereka membentuk masing-masing sebagai seorang karakter ikonik yang mampu mencuri perhatian para gamer.

Mengutip informasi laman Games Radar, terdapat sepuluh karakter wanita yang penuh dengan inspirasi di dunia video game. Siapa saja karakter wanita tersebut? Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini.

>>> Selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Yuna (Final Fantasy X)

10. Yuna (Final Fantasy X)

Di seri kesepuluh Final Fantasy ini, Yuna menjadi karakter heroine protagonis yang mampu mencuri perhatian para gamer kaum adam. Bagaimana tidak, paras asianya begitu cantik dan ia memiliki keunikan di tampilan fisik matanya, yakni ia memliki dua warna mata yang berbeda.

Kali ini, penampilan fisik Yuna tidak akan dibicarakan. Yuna dinilai penuh inspirasi di dunia game lantaran ia terlahir sebagai seorang Summoner. Summoner merupakan ahli magis yang mampu memanggil makhluk monster pelindung, atau Aeon (sebutan Summon di Final Fantasy X). Di cerita Final Fantasy X sendiri, peran Yuna sebagai Summoner sangatlah penting. Ia ingin menjadi satu-satunya Summoner yang ingin mengalahkan Sin.

Sin sendiri adalah sosok provokatif di Final Fantasy X, bisa dibilang ia merupakan final boss dari game ini. Keinginan Yuna untuk mengalahkan Sin sangatlah kuat, ia pun tahu bahwa jika ia dapat mengalahkan Sin, maka ia juga harus mengorbankan nyawanya sebagai seorang Summoner.

Hal ini ditolak keras oleh para teman-teman Guardian-nya. Pun demikian, kegigihan dan tekad Yuna untuk menyelamatkan dunia dari ancaman Sin sangatlah kuat. Yuna pun merupakan pribadi yang sangat setia kawan, dengan kemampuannya memanggil Aeon, ia mampu melindungi teman-temannya dari musuh dengan menggunakan kekuatan magis Aeon yang ia panggil.

>>> Selanjutnya

3 dari 11 halaman

Ellie (The Last of Us)

9. Ellie (The Last of Us)

Ellie merupakan salah satu karakter protagonis di game action survival horror The Last of Us. Meskipun masih sangat muda, karakteristik Ellie dinilai dewasa dan ia tumbuh di lingkungan yang bisa dibilang `keras` sehingga mampu membuatnya menjadi pribadi yang begitu ekstrim untuk umurnya.

Ellie merupakan karakter yang didesain secara modern, namun tampil realistis sebagai seorang gadis.

Tak hanya itu, ia juga handal dalam melakukan hal-hal ekstrim dan sangat teliti mengambil keputusan, contohnya saja pada saat ia harus dipaksa bertahan hidup dengan kemampuannya untuk membunuh musuhnya yang menghantui di sepanjang cerita The Last of Us.

>>> Selanjutnya

4 dari 11 halaman

Clementine (The Walking Dead)

8. Clementine (The Walking Dead)

Bagi yang telah memainkan game zombie The Walking Dead, pastinya Anda tahu sosok gadis berumur delapan tahun ini. Ya, Clementine mampu menjadi sorotan para fans TWD (The Walking Dead) lantaran ia mampu melakukan hal-hal yang dimana orang dewasa tidak mampu melakukannya di sepanjang jalan cerita TWD. Ia pun merupakan salah satu karakter termuda yang pemberani.

Clementine memang masih terlihat sangat muda, namun semangatnya untuk tidak menyerah sangatlah kuat. Ia kerap tampil tanpa sejata selama di permainan, hal ini makin membuat para gamer berasumsi, "Apakah Clementine mampu menghindari kejaran para zombie sementara ia tidak menggunakan apa-apa?". Tentunya tidak, ia bukan merupakan gadis manja dan tidak bergantung ke karakter siapapun.

>>> Selanjutnya

5 dari 11 halaman

Bayonetta (Bayonetta)

7. Bayonetta (Bayonetta)

Bayonetta memang tampil terlampau seksi dan menjadi sorotan mata para gamer pria. Pun demikian, Bayonetta menjadi salah satu karakter yang penuh inspirasi di dunianya yang tidak begitu realistis. Ia mampu membawa figur seorang ibu hadir di dalam sosoknya. Di game-nya sendiri, ia mampu menjaga anak perempuannya dari ganasnya serangan para makhluk yang ada di sepanjang permainan.

>>> Selanjutnya

6 dari 11 halaman

Aya Brea (Parasite Eve)

6. Aya Brea (Parasite Eve)

Si cantik yang hadir di game survival horror Parasite Eve ini pun patut diperhitungkan bahwa sosoknya penuh inspirasi di dunia video game. Parasite Eve sendiri merupakan game dimana karakter utama Aya Brea harus berperang melawan makhluk mitochondria yang berupa alien dan ternyata didalangi oleh seorang wanita yang terinfeksi genetik serupa bernama Eve.

Aya handal dalam menggunakan senjata api dan ia mampu melancarkan serangan super power Parasite Energy, dimana ia mampu mengeluarkan cahaya dan bahkan kekuatan magis untuk membunuh musuhnya. Ini karena ternyata Aya memiliki struktur genetik yang serupa dengan Eve. Di seri ketiga Parasite Eve, keputusan Aya untuk mengorbankan dirinya demi menyelamatkan umat manusia di bumi ternyata menginspirasi para fans PE (Parasite Eve).

Sosok Aya Brea ternyata juga menginspirasi seorang gamer wanita yang menderita Idiophatic Hemolytic Anemia. Ia mengungkap, meskipun sosok Aya Brea fiktif, Aya mampu memberikannya kekuatan bahwa mengidap sebuah penyakit bukanlah sebuah hambatan, justru merupakan kekuatan bahwa ia mampu melewati rasa sakit yang dideritanya.

>>> Selanjutnya

7 dari 11 halaman

Amanda Ripley (Alien Isolation)

5. Amanda Ripley (Alien Isolation)

Bagi Anda yang sudah memainkan game Alien Isolation, pastinya Anda telah merasakan kengerian yang dirasakan oleh Amanda Ripley sebagai karakter utama di game ini. Bagaimana tidak, Ripley harus bertahan hidup mencari jalan keluar dan menghindari kejaran makhluk Xenomorph yang ganas di pesawat antariksa Sevastopol.

Ripley pun memiliki karakteristik seorang wanita yang tangguh dan tidak pernah menyerah. Ripley memiliki kemampuan master engineer dan ia mampu menggunakan material yang ia dapatkan di sepanjang perjalanannya di Sevastopol, dan dapat ia gunakan sebagai senjata.

Kegigihannya melawan komplotan makhluk Xenomorph di game ini menjadikannya sebagai seorang karakter wanita tertangguh yang pernah ada.

>>> Selanjutnya

8 dari 11 halaman

Aveline de Grandpre (Assassin's Creed Liberation)

4. Aveline de Grandpre (Assassin's Creed Liberation)

Aveline merupakan karakter wanita pertama yang menjadi karakter utama di seri Assassin's Creed. Aveline merupakan seorang wanita yang memiliki latar belakang dimana ia berada di situasi pelik dan harus melawan penindasan yang terjadi ke para budak di kota dimana ia berasal.

Aveline memiliki banyak kemampuan merakit senjata dan ia merupakan seorang karakter wanita tangguh yang penuh dengan strategi.

>>> Selanjutnya

9 dari 11 halaman

Jaina Proudmoore (World of Warcraft)

3. Jaina Proudmoore (World of Warcraft)

Jaina merupakan seorang karakter wanita keturunan ningrat yang dapat melancarkan serangan magis terkuat.

Sebagai seorang ahli sihir dengan kekuatan yang tidak tertandingi, ia mampu membuat kekuatannya demi mengubah dunia untuk lebih baik.

Jaina merupakan sosok karakter wanita dengan kepribadian yang tegas, namun penuh perhatian bagi para kaum yang tertindas. Ia tidak akan segan-segan untuk menghancurkan musuhnya yang mencoba untuk memporakporandakan kaum-kaum yang tertindas.

>>> Selanjutnya

10 dari 11 halaman

Aerith Gainsborough (Final Fantasy VII)

2. Aerith Gainsborough (Final Fantasy VII)

Aerith (atau sering disebut Aeris) tampil dalam fisik wanita cantik berambut coklat dan berparas manis. Ia memiliki karakteristik periang dan penyemangat. Aerith kerap dinilai cerewet dan `aktif`, sehingga beberapa karakter Final Fantasy VII sempat jengkel oleh sifatnya.

Dibalik semua itu, Aerith ternyata memegang peranan penting di alur cerita Final Fantasy VII, ia merupakan pewaris kekuatan dari Cetra dan memiliki kekuatan untuk mampu menguraikan elemen yang ada di bumi. Sayangnya, ia dibunuh oleh Sephiroth, karakter antagonis di game ini. Sephiroth membunuhnya lantaran mengetahui Aerith dapat mencegah Meteor yang dapat menghancurkan bumi.

Meskipun Aerith memiliki porsi yang lebih sedikit di Final Fantasy VII, banyak para gamer yang merindukannya lantaran ia memberikan inspirasi bahwa pengorbanan seharusnya tidak perlu ditangisi.

Kematian Aerith memberikan nilai yang begitu berharga baik di para karakter Final Fantasy VII maupun para fans, Aerith ternyata memang sudah merencanakan dirinya untuk dikorbankan demi mengeluarkan Ultimate White Magic untuk melawan Meteor yang akan menyerang bumi.

>>> Selanjutnya

11 dari 11 halaman

Lara Croft (Tomb Raider)

1. Lara Croft (Tomb Raider)

Karakter wanita jagoan Tomb Raider ini memang pantas menjadi ikon karakter wanita yang penuh inspirasi di dunia video game. Lara merupakan gadis asal Inggris yang dibekali dengan pengetahuan yang luas dan terlatih sebagai sosok wanita yang kuat dan tangguh.

Mentalnya pun diuji ketika ia berpetualang mencari artifak dalam beberapa ekspedisi dilakukan. Ia rela mati dan bahkan mengorbankan namanya demi memperjuangkan kebenaran akan misteri yang sedang ia ungkap di ekspedisinya.

Lara handal dalam melancarkan serangan fisik, senjata api, panah, dan merakit beberapa item untuk bertahan hidup. Selain itu, ia merupakan pribadi yang penuh dengan pikiran positif. Di tengah peliknya keadaan yang dapat membunuhnya, ia mampu berpikir jernih dan yakin bahwa di keruhnya keadaan tersebut, pasti ada jalan keluar.

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini