Sukses

Tips Sukses Berbisnis Online di Twitter

Berikut 6 tips yang bisa menjadi acuan bagi pelaku UKM dengan memanfaatkan kesempatan yang ada di Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna Twitter tidak hanya menggunakan layanan microblogging itu untuk menjalin komunikasi, tapi juga menjalankan bisnis skala kecil atau Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Jika Anda adalah salah satu diantaranya, Twitter berbagi tips yang bisa dijadikan pedoman untuk menjalankan bisnis secara online.

Managing Director Online Sales Twitter Asia Pacific, Aliza Knox, mengatakan bahwa ada peluang besar menumbuhkan bisnis jika pelaku UKM bisa memanfaatkan kesempatan yang ada di Twitter, termasuk di Indonesia. Sayangnya, kata Knox, masih banyak UKM yang mempromosikan produk dan layanannya secara offline.

Padalah jika sudah masuk ke ranah online, para pelaku UKM dapat lebih mengembangkan usaha mereka. Beberapa diantaranya seperti mendapatkan follower yang relevan, mendorong jumlah pengunjung berkualitas ke situs web mereka, mempromosikan aplikasi atau mencari prospek bisnis baru.

"Ada banyak UKM tumbuh secara alami di Twitter, padahal kalau menggunakan layanan secara maksimal di Twitter, mereka bisa tumbuh lebih besar," jelasnya.

Bagi yang masih bingung mengembangkan bisnisnya di ranah online, Twitter berbagi tips. Berikut 6 tips yang bisa menjadi acuan bagi pelaku UKM.

Selanjutnya>>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

NEXT

1. Percaya diri

Jangan takut menunjukkan jati diri bisnis Anda, termasuk siapa yang berada di balik bisnis tersebut. Namun yang tak kalah penting adalah menentukan pola bisnis Anda.

Setiap orang memiliki gaya bisnis yang berbeda sesuai kebutuhan mereka. Jadi tugas Anda adalah menemukan pola yang sesuai dengan bisnis dan pelanggan.

2. Pantau dan berinteraksi

Cari tahu percakapan yang menarik dan sedang diperbincangkan tentang perusahaan Anda, produk dan kompetitor melalui Twitter.

Aktivitas pemantauan juga harus dibarengi dengan interaksi. Gunakan Twitter untuk memberikan informasi tentang usaha Anda yang tidak bisa dicari pelanggan dimanapun atau di tempat lain. Tanya follower dan pahami komentar membangun dari mereka.

3. Berikan respon

Balas saat mereka berkicau mengenai bisnis Anda di Twitter. Favorite, Retweet pesan positif dan menarik, serta berterimakasih kepada orang-orang yang memberikan dukungan.

Jangan abaikan tweet kritis, tapi tanggapi isu tersebut secepat mungkin dan cari tanggapan positif yang bisa digunakan. Kalau diperlukan, Anda bisa melakukan diskusi secara offline.

Selanjutnya>>>

3 dari 3 halaman

NEXT

4. Ikuti tren

Manfaatkan karakteristik Twitter dengan tepat. Karakteristik dasar Twitter adalah konten yang menarik.

Usahakan untuk sering men-tweet topik yang relevan. Coba berinteraksi sesuai tren dan hashtag yang cocok dengan bisnis atau perusahaan Anda.

5. Posting tweet yang menarik

Anda harus mencari tahu yang disukai oleh follower atau pelanggan dan menyesuaikannya dengan tweet Anda. Tidak semua tweet harus mengenai produk atau perusahaan Anda.

Anda juga harus memanfaatkan ketertarikan orang terhadap konten yang lebih menarik, seperti foto, pertanyaan atau video.

6. Promosi secara aktif

Setelah bisnis Anda dikenal luas di Twitter, promosikan produk yang mampu membantu mendorong pertumbuhan jumlah follower dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan layanan iklan di Twitter.

Selamat mencoba!

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini