Sukses

Juli, Huawei Gelontorkan Layanan Cloud Computing

Huawei akan meluncurkan layanan public cloud computing di China pada Juli 2015 mendatang.

Liputan6.com, Shenzen - Huawei, perusahaan penyedia layanan dan infrastruktur telekomunikasi asal China, bakal meluncurkan layanan public cloud computing di China pada Juli 2015 mendatang.

Rotating Chief Executive Officer (CEO) Huawei, Eric Xu menyampaikan hal itu dalam acara Huawei Global Analyst Summit 2015 di Shenzhen, China, yang turut dihadiri tim Liputan6.com.

Xu mengatakan, pihaknya akan menawarkan hal berbeda untuk layanan public cloud computing ini. Salah satu strateginya adalah Huawei tidak akan berkompetisi dengan perusahaan China lain yang menawarkan layanan serupa.

"Public cloud untuk konsumen di China akan keluar pada Juli. Kami harap bisa memberikan kejutan. Kami ingin membangun sesuatu berbeda. Huawei telah sukses di broadband dan memiliki kesempatan di cloud," ujar Xu.

Selain itu, Huawei juga akan berinvestasi sekitar US$ 350 juta dalam waktu lebih dari tiga tahun ke depan di consulting and system integration, metodologi, dan alat untuk jaringan serta transformasi data center.

Tak cukup di situ, Chief Marketing Officer Huawei, Yang Chaobin menuturkan, Huawei juga akan menghabiskan dana sekitar US$ 600 juta untuk melakukan penelitian teknologi 5G. Huawei menggandeng 20 top universitas untuk melakukan riset teknologi 5G. Dari kerja sama itu, ada sekitar 182 paper mengenai teknologi 5G yang dihasilkan.

Huawei juga bekerja sama dengan mobile network provider untuk pengembangan teknologi 5G mulai dari NTT Docomo, IG Plus, Singtel dan Megafon. Pengembangan teknologi 5G ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk lebih cepat mengakses internet. Diperkirakan teknologi 5G baru akan dapat dinikmati sekitar tahun 2018 mendatang.

(ahm/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini