Sukses

5 Selebriti yang Sempat Bikin Malu di Media Sosial

Bagi para selebriti yang memiliki follower hingga ribuan, bahkan jutaan, kegiatan berbagi di media sosial bisa jadi sedikit rumit.

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial adalah arena yang membebaskan para penggunanya untuk saling berbagi apapun. Baik itu hal yang baik, maupun hal-hal yang sepatutnya tidak disebarluaskan.

Khusus bagi para selebriti dan pesohor yang memiliki jumlah follower hingga ribuan, bahkan jutaan, tentunya kegiatan berbagi di media sosial menjadi sedikit rumit. Ya, mereka harus lebih berhati-hati karena apa yang mereka ungkapkan di media sosial akan selalu menjadi sorotan banyak orang.

Berikut deretan selebriti yang tercatat sempat membuat blunder di media sosial. Siapa saja? Simak ulasannya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Lily James

1. Lily James

Lily James adalah pemeran utama di film box offices besutan Disney, Cinderella. Di awal bulan April kemarin, Lily melalui akun resmi Instagramnya menuliskan, "Shinderera premiere in Tokyo. The final stop on tour and it was a beautiful cold night, thank you!"

Penulisan Cinderella menjadi `Shinderera` yang dilakukan Lily ternyata memicu hujatan banyak pengguna Instagram. Ia dinilai telah melakukan tindakan rasis dengan menirukan cara pengucapan orang Jepang dalam menyebut judul film Cinderella menjadi `Shinderera`.

3 dari 6 halaman

Justin Bieber

2. Justin Bieber

Di tahun 2014 lalu, penyanyi remaja ini berjalan-jalan ke Jepang. Kala itu ia sempat mem-posting sebuah foto dirinya di sebuah kuil dan membubuhi tulisan, "Thank you for your blessings."

Namun sayang, ternyata kuil tempat Bieber berfoto itu merupakan kuil 'kontroversial'. Foto itu diambil di depan Kuil Yasukuni, tempat pembantaian ribuan orang China selama masa Perang Dunia II. Keberadaan Kuil Yasukuni sendiri menjadi perdebatan internasional karena banyak negara Asia yang menginginkan kuil tersebut dihancurkan.

Untungnya Bieber cepat tersadar. Ia pun langsung menghapus posting-annya tersebut dan memberi penjelasan dengan menuliskan, "Saya hanya meminta supir untuk menepi dan saya melihat kuil yang indah. Setahuku kuil hanya sebagai tempat berdoa. Kepada siapapun yang merasa tersinggung, saya sangat menyesal. Saya mencintai kalian, Jepang dan China."

4 dari 6 halaman

Alec Baldwin

3. Alec Baldwin

Alec Baldwin adalah aktor senior Hollywood yang dikenal kerap menyinggung kaum gay. Di tahun 2013, ia bahkan pernah berkicau via Twitter yang isinya diarahkan untuk menghina seorang wartawan gay bernama George Stark. Kicauan Baldwin ternyata membuat tersinggung banyak komunitas gay di berbagai penjuru dunia.

Kala itu Baldwin menuliskan, "[I’d] put my foot up your f—ing ass, George Stark, but I’m sure you’d dig it too much…I’m gonna find you George Stark, you toxic little queen, and I’m gonna f–k you … up."

5 dari 6 halaman

Floyd Mayweather

4. Floyd Mayweather

Bintang tinju dunia ini juga pernah bermasalah akibat aksinya di media sosial. Di tahun 2012 silam, Mayweather sempat berkicau via akun Twitter pribadinya mengomentari seorang pebasket NBA keturunan Taiwan, Jeremy Lin.

Mayweather mem-posting tweet, "Jeremy Lin is a good player but all the hype is because he’s Asian. Black players do what he does every night and don’t get the same praise."

Ya, kicauan juara tinju itu sontak mendapat kecaman banyak pihak. Ia dinilai rasis karena meremehkan kemampuan Lin sebagai pebasket hanya karena ia keturunan Asia dan tidak berkulit hitam, seperti kebanyakan pemain basket top lainnya.

6 dari 6 halaman

Nikita Mirzani

5. Nikita Mirzani

Dari dalam negeri, artis seksi Nikita Mirzani sempat dituding berbohong karena sempat menuliskan status "Singapore panas banget" di akun Twitter pribadinya. Kejadian berawal saat Nikita Mirzani melalui akun twitternya @nikitamirzani, menuliskan tweet atau kicauan "Singapore panas bgt".

Sebenarnya tak ada yang ganjil dengan kicauannya itu. Namun sayangnya Nikita tak sadar ia lupa mematikan fitur GPS di akun twitternya tersebut. Hal inilah yang menjadi sorotan, karena saat Nikita menuliskan kicauan tersebut, GPS ternyata menunjukkan posisinya sedang berada di Jalan Tanah Baru 1 Grogol, Jakarta Barat.

Jadilah Nikita di-bully oleh beberapa follower-nya. Nikita bahkan langsung bereaksi dengan menutup akun twitternya.

(dhi/dew)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.