Sukses

Huawei Klaim Brand-nya Semakin Dikenal

Huawei optimistis dapat mengenjot penjualan produk smartphone-nya di tengah ketatnya persaingan pasar perangkat mobile.

Liputan6.com, Shenzen - Manajemen Huawei Technologies Co Ltd optimistis dapat mengenjot penjualan produk smartphone-nya di tengah ketatnya persaingan pasar perangkat mobile.

Chief Marketing Officer Huawei Consumer Business Group, Glory Zhang menuturkan, saat ini pihaknya sudah di jalur yang tepat dalam usaha menggenjot lini bisnis consumer. Fundamental kuat ditambah kapasitas merek smartphone Huawei yang telah semakin dikenal luas menunjang hal itu.

Terlebih, berdasarkan survei pengenalan merek Huawei meningkat dari 52 persen menjadi 65 persen pada 2014. Angka itu naik 25 persen year on year. Pangsa pasar global pun naik menjadi 5,8 persen pada 2014 dari 2013. Dengan kondisi itu, Zhang meyakini pihaknya dapat bersaing dengan produsen smartphone kenamaan lainnya seperti Apple.

"Sebenarnya ini bukan masalah bagi Huawei karena kami sudah mengetahui medan bisnisnya. Apalagi kami sudah punya pondasi kuat selama 13 tahun, skala kapasitas brand luas. Untuk mengalahkan dunia tidak hanya dapat dilakukan semalam," ujar Zhang, dalam acara Media Roundtable Huawei Global Analyst Summit 2015, Rabu (22/4/2015), di Shenzhen, China.

Ia menambahkan, salah satu fokus bisnis consumer Huawei adalah menggenjot lini bisnis smartphone-nya pada 2015. Strategi dilakukan dengan meningkatkan penjualan via ritel dan e-shop. Strategi tersebut diharapkan dapat membuahkan hasil dengan persentase penjualan produk smartphone baik kelas menengah dan atas mencapai 34 persen pada kuartal I 2015 ini. Hal itu didukung dengan perilisan produk-produk unggulan di antaranya adalah smartphone Huawei Ascend Mate 7, P7, dan Honor 6.

Zhang menambahkan, Huawei juga akan menawarkan sesuatu yang disukai konsumen untuk meningkatkan penjualan smartphone-nya. "Kami memiliki strategi sendiri. Jadi tidak terlalu peduli dengan pesaing lakukan," kata Zhang.

Consumer business group Huawei mencatatkan pendapatan naik menjadi US$ 12,2 miliar pada 2014. Pertumbuhan itu didukung dari produk yang ditawarkan mulai dari handset, collect device, smartphone dan lainnya. Untuk produk smartphone, Huawei telah mencatatkan penjualan mencapai 75 juta unit sepanjang tahun lalu.

(Ahm/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini