Sukses

Nostalgia dengan Alur Cerita Mortal Kombat I - X (Bagian 2)

Bingung dengan alur cerita di seluruh seri game Mortal Kombat? Yuk simak penjelasannya berikut ini

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang tergolong baru memainkan Mortal Kombat X yang dirilis pada 14 April 2015, pastinya bingung dengan storyline yang hadir di seri kesepuluh Mortal Kombat tersebut. Ya, MK (Mortal Kombat) memang memiliki storyline yang kompleks dan bisa dibilang cukup panjang.

Mortal Kombat merupakan game fighting kontroversial yang cukup terkenal dengan kebrutalan dan aksi sadis dari laga masing-masing para karakternya. Dari pertama kali dirilis, game fighting ini langsung menjadi lampu sorot bagi para gamer karena terbilang sangat berbeda dari game fighting lainnya.

Bagi Anda yang ingin lebih familiar dengan cerita yang bergulir di game ini, tim Tekno Liputan6.com mengajak para gamer untuk melihat penjelasan lengkap terkait alur cerita Mortal Kombat, sebagaimana dikutip dari timeline MK di laman Time Toast, Jumat (24/4/2015).

Yuk, simak seperti apa jalan cerita yang terjadi dari MK pertama sampai kesepuluh berikut ini di Bagian 2.

>>> Selanjutnya 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mortal Kombat: Armageddon

Mortal Kombat: Armageddon (2006)

Seri `terakhir` dari Mortal Kombat ini mengumpulkan semua Kombatans yang ada di seri MK, baik yang telah mati dan dikirim ke NetherRealm. Para Kombatans menjadi lebih kuat dan setiap realm di dunia MK menjadi semakin hancur.

Muncul Taven sebagai `karakter utama` MK Armageddon dan merupakan putra dari pelindung Edenia yang bernama Argus. Munculnya semua Kombatans di Armageddon memicu peperangan luar biasa dan mengakibatkan banyak pertumpahan darah para Kombatans.

Para Elder Gods pun akhirnya mengutus Blaze, seorang karakter dewa api untuk menghancurkan kericuhan yang terjadi akibat ulah para Kombatans di jagat raya.

Selain itu, muncul sebuah piramida raksasa yang menjadi lokasi pertarungan akhir para Kombatans. Raiden dan Shao Kahn pun kembali berduel dan sayangnya Raiden kalah dibunuh oleh Shao Kahn.

>>> Selanjutnya

3 dari 5 halaman

Mortal Kombat vs. DC Universe & Mortal Kombat Reboot

Mortal Kombat vs. DC Universe

Mortal Kombat vs. DC Universe (2008)

Cerita yang bergulir di game ini tidak mempengaruhi sama sekali dengan timeline yang ada di dunia MK. Masing-masing dari para karakter harus melindungi dunianya masing- masing (dunia MK dan dunia DC) untuk menghindari tangan jahat yang ingin menguasai jagat raya.

Mortal Kombat (2011)

Penjelasan Alur Cerita Mortal Kombat I-X

Ini merupakan seri reboot dari Mortal Kombat I-III. Banyak yang beranggapan bahwa storyline Mortal Kombat sudah mulai dipaksakan sejak Mortal Kombat: Deadly Alliance. Akhirnya, tim pengembang cerita MK memutuskan untuk `merombak` cerita MK besar-besaran dari awal.

Di seri kesembilan Mortal Kombat ini, setting awal cerita diawali dengan pertarungan Raiden dan Shao Kahn di piramida MK Armageddon. Sebelum Raiden dibunuh oleh Shao Kahn, ia ternyata menggunakan amulet-nya dan mengirim rohnya kembali ke masa lalu dan memberikan pesan "Dia harus menang dan harus menghindari Armageddon."

Cerita bergulir kembali dari awal turnamen Mortal Kombat, dimana Liu Kang dan Kombatans lainnya harus mengalahkan Goro. Liu Kang akhirnya dapat mengalahkan Goro dan Shang Tsung. Namun, Quan Chi muncul menemani Shang Tsung untuk kali ini (yang seharusnya ia muncul di rezim Shinnok).

Liu Kang pun harus kembali mengalahkan Shao Kahn di turnamen berikutnya, ia pun berhasil melumpuhkan Shao Kahn dan memenangkan MK untuk kedua kalinya bersama dengan Kombatans lainnya. Sama seperti timeline MK yang dulu, Shao Kahn memutuskan untuk menghidupkan kembali Sindel untuk membantunya menguasai Earthrealm.

Bedanya, disini ia meminta tolong Quan Chi untuk menghidupkan Sindel dan membunuh Shang Tsung demi memberikan kekuatannya ke Sindel. Deadly Alliance tidak akan pernah ada sejak saat itu, karena Shang Tsung mati.

Sindel pun dihidupkan di Outworld, bukan di Earthrealm. Namun, ia pergi ke Earthrealm dan menghabisi semua Kombatans disana, yang tersisa hanya Sonya, Johnny Cage, Liu Kang dan Raiden. Sindel pun dihabisi oleh Nightwolf, namun Nightwolf harus mengorbankan dirinya untuk mengirim Sindel ke NetherRealm.

Raiden memutuskan untuk melawan Shao Kahn, namun ia berseteru dengan Liu Kang dan ia tetap menyalahkan Raiden atas semua yang telah dilakukannya. Raiden pun murka dan tidak sengaja membunuh Liu Kang sebelum ia menghabisi Shao Kahn.

Cerita berakhir dengan kematian Liu Kang oleh Raiden, dan akhirnya Raiden harus menerima penyesalannya karena ia berpikir ia tidak akan bisa mengubah masa depan akan ketakutannya dengan terjadinya Armageddon. Yang tersisa hanyalah ia, Sonya dan Johnny Cage.

>>> Selanjutnya

4 dari 5 halaman

Mortal Kombat X

Mortal Kombat X (2015)

Cerita Mortal Kombat X bisa dibilang mengadaptasi sedikit elemen cerita dari MK 4. Diawali dengan Shinnok yang berkeinginan untuk menguasai bumi. Ia harus bertarung dengan Raiden dan Fujin.

Sonya dan Johnny Cage membentuk pasukan Special Forces untuk membantu Raiden dan Fujin mengalahkan Shinnok. Akhirnya Shinnok berhasil disegel oleh Raiden. Namun, Quan Chi kabur beserta dengan pasukan Kombatans yang ia bawa kembali dari kematian untuk bersekutu dengannya.

25 tahun kemudian, generasi baru lahir. Johnny Cage dan Sonya sempat menikah dan bercerai, mereka mempunyai seorang putri bernama Cassie Cage. Terungkap pula mendiang Kung Lao yang ternyata mempunyai sepupu bernama Kung Jin.

Kenshi yang memiliki seorang putra bernama Takeda. Dan Jax yang dihidupkan kembali oleh Raiden pada saat bertarung dengan Quan Chi, 20 tahun lalu, mempunyai seorang putri bernama Jacqui.

Di Outworld, terjadi kericuhan. Mileena ternyata menjadi seorang Empress dan ingin menguasai seluruh bumi. Ia ternyata memiliki amulet Shinnok dan menjadi ancaman bagi umat manusia.

Di sisi lain, Kotal Kahn ingin menjadi seorang Emperor dan ingin menyingkirkan Mileena. Terjadi peperangan sengit dan akhirnya Mileena mati dibunuh oleh bawahan Kotal yang bernama D'Vorah. Kotal pun mampu mengumpulkan pasukannya dari seri MK sebelumnya, Ermac, Reptile, dan beberapa karakter baru seperti Ferra/Torr dan Erron Black.

>>> Selanjutnya

5 dari 5 halaman

Mortal Kombat X

Ternyata, D'Vorah merupakan kambing hitam di storyline MK X. Ia mengkhianati Kotal Kahn dan membawa kabur amulet Shinnok untuk menyerahkannya ke Quan Chi agar bisa kembali mengeluarkan Shinnok. Mengetahui hal ini, Kotal Kahn geram dan berpikir Cassie dan kelompoknya yang menginginkan amulet tersebut sehingga bekerja sama dengan D'Vorah.

Shinnok akhirnya keluar dari amulet, namun Quan Chi dibunuh oleh Scorpion karena ia mengetahui bahwa istri dan keluarganya dibunuh oleh Quan Chi.

Shinnok pergi ke kuil Raiden dan ingin mengambil energi Jinsei. Ia pun berhasil melumpuhkan Raiden dan menjadi corrupted. Tahu akan hal ini, Cassie dan timnya pergi ke kuil dan menghabisi Shinnok.

Di saat Takeda, Kung Jin, dan Jacqui dilumpuhkan oleh pasukan Kombatans revenant (yang dihidupkan kembali oleh Quan Chi), akhirnya Cassie sendiri yang mampu membunuh Shinnok dan menyelamatkan Earthrealm. Namun, Raiden pun ternyata menyerap energi Jinsei dan membuatnya corrupted.

Di akhir cerita, Raiden berkumpul dengan Liu Kang dan Kitana yang menjadi revenant dan bersumpah akan membunuh siapapun yang mencoba menguasai bumi.

(jek/isk)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini