Sukses

Kecepatan Internet Baru Indosat di Lombok Capai 18,8 Mbps

Ujicoba dilakukan dengan cara menonton video dan live streaming berkualitas high definition (HD) di internet.

Liputan6.com, Lombok - PT Indosat Tbk telah merampungkan proses modernisasi jaringan di 23 kota besar di Indonesia guna menghadirkan layanan internet cepat. Lombok adalah salah satu kota yang mendapat modernisasi jaringan baru Indosat 42 Mbps.

Untuk membuktikan kecepatan layanan internet hasil modernisasi tersebut, Indosat menggelar drive test jaringan dengan mengimplementasikan teknologi U900 dan DC-HSPA+ di Mataram, Lombok. Rute yang ditempuh mulai dari Mataram Mall, jalan Udayana, jalan Adi Sucipto hingga kawasan pantai Senggigi.

"Dari hasil pengujian, kecepatan maksimal download yang disediakan mampu mencapai 18,8 Mbps dengan rata-rata 8,3 Mbps," kata Joko Riswadi, Division Head Network Optimization Indosat di acara drive test yang berlangsung di Mataram.

Ujicoba dilakukan dengan cara menonton video dan live streaming berkualitas high definition (HD) di internet. Beberapa video yang kami tonton terbukti tayang tanpa buffering dengan kualitas tampilan yang baik.

Indosat sendiri sudah melakukan modernisasi jaringan sejak 2 tahun lalu guna meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan. Tujuan utamanya untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan.

Indosat juga menjajal fitur HD Voice di sepanjang perjalanan drive test dengan menggunakan metode MOS (Mean Opinion Score). Hasil pengujian menunjukkan 70% area yang diukur berada pada tingkat excellent dengan nilai MOS 4-5 dan 28% area lainnya menunjukkan hasil baik dengan nilai 3-4. Rentang pengukuran MOS adalah 1-5, dimana angka 5 menunjukkan hasil excellent.

Joko memaparkan bahwa fitur HD Voice memungkinkan pelanggan Indosat mendapatkan pengalaman menikmati kualitas layanan suara yang lebih jernih, jelas dan tanpa jarak saat melakukan panggilan, seolah lawan bicara sedang berada di depan kita.

Fitur ini dapat dinikmati selama pelanggan berkomunikasi di jaringan Indosat dengan catatan handset pembuat panggilan dan penerima panggilan telah mendukung fitur HD Voice.

"Kita optimis masuk ke HD Voice karena secara pasar sudah ada 329 handset‎ yang support fitur ini," ujar Joko lagi.

Untuk dapat menikmati jaringan baru ini, pelanggan bisa menggunakan berbagai paket layanan Indosat seperti Mentari Super Data 3GB, Kartu Perdana IM3 Pinternet serta Internet.org yang diluncurkan Indosat bersama Facebook.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Indosat adalah salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia.

    Indosat

Video Terkini