Sukses

Samsung Galaxy A5, Smartphone Selfie untuk Anak Muda

Samsung mencoba menggaet pasar anak muda dengan meluncurkan Galaxy A5.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dengan jeli melihat tren yang saat ini tengah berlangsung yaitu aktivitas selfie yang digemari oleh anak muda, termasuk di Indonesia. Salah satu produk terbaru yang mencoba memanfaatkan momen tersebut adalah Galaxy A5.

Galaxy A5 bukan sekadar smartphone selfie biasa. Perangkat ini tampil dengan desain premium dalam balutan desain metal unibody dengan ketipisan 6,7 mm. 

Samsung menggambarkan fitur dan keunggulan smartphone berbasis sistem operasi (OS) Android 4.4.4 KitKat, baterai 2.300 mAh, dan RAM 2GB ini dalam tiga kata yaitu style, fun dan fit.

Samsung Galaxy A5 (Iskandar/ Liputan6.com)

Dari sisi 'style', Samsung menonjolkan bodi ramping dengan ketipisan 6,7 mm. Untuk konsep 'fun', smartphone ini mengedepankan berbagai fitur selfie dengan kamera depan 5 megapiksel (MP). Fitur-fitur tersebut antara lain Wide Selfie, Animated Selfie, dan Beauty Face. Sedangkan konsep 'fit' berhubungan dengan layar dan audio.

Dari tiga konsep yang diunggulkan di atas, lalu seperti apakah performa smartphone yang dijual seharga Rp 5 jutaan ini? Berikut review yang dilakukan tim Tekno Liputan6.com.

Selanjutnya>>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Desain

Desain

Di luar fitur selfie, keunggulan utama Galaxy A5 adalah material bodi yang kini berbahan metal dengan ketipisan 6,7 mm. Cukup tipis, sehingga Samsung berani menyebut smartphone ini memiliki desain slim metal unibody.

Material metal yang digunakan memberikan tampilan mewah dan terasa kokoh dalam genggaman. Di sisi depan bagian atas Galaxy A5, bertengger kamera dengan resolusi 5 megapiksel (MP).

Samsung Galaxy A5 (Iskandar/ Liputan6.com)

Sedangkan sisi depan bagian bawah terdapat dua tombol virtual yang berfungsi sebagai 'Back' dan untuk melihat aplikasi yang sedang diakses. Sedangkan tombol menu terletak di antara keduanya.

Selanjutnya>>>

3 dari 6 halaman

Komparteman

Komparteman

Kamera utama 13 MP yang agak menonjol terletak di bagian belakang smartphone, berdampingan dengan flash dan mini speaker. Jack port audio dan USB berada di sisi bawah. Di bagian smartphone terdapat keterangan 'Qualcomm 4G', yang menandai bahwa Galaxy A5 kompatibel dengan jaringan generasi ke empat tersebut.

Samsung Galaxy A5 (Iskandar/ Liputan6.com)

Kemudian slot micro SD dan nano SIM, serta tombol power on/off berada di sisi kanan. Untuk membuka slot dibutuhkan sedikit usaha ekstra karena harus dibuka dengan bantuan benda runcing seperti peniti.

Samsung Galaxy A5 (Iskandar/ Liputan6.com)

Adapun sisi kiri Galaxy A5 ditempati secara eksklusif oleh tombol volume. Secara keseluruhan, desain Galaxy A5 terlihat rapi, berkat minimnya tombol yang menonjol.

Selanjutnya>>>

4 dari 6 halaman

Performa

Performa

Galaxy A5 memiliki layar HD Super AMOLED berukuran 5 inci (720 x 1280 piksel), yang terasa halus dan tidak kesat saat jari-jari menyentuhnya. Tampilan gambar dan ikon-ikon aplikasi di Galaxy A5 juga terlihat memiliki warna yang tajam dan jernih.

Tampilan antarmuka

Berkat Super AMOLED, kontras warna pada layar Galaxy A5 juga menjadi salah satu keunggulannya. Tampilan layar tampak bagus dalam kondisi rendah cahaya. Namun di bawah sinar matahari terik, elemen gelap di layar sulit dilihat.

Smartphone yang disokong prosesor Quad-core 1.2GHz dan memori internal 16GB ini juga nyaman digunakan. Saat kami membuka beberapa aplikasi secara bergantian, tidak ada lag. Kenyaman menggunakannya juga terasa saat bermain game Fruit Ninja, dengan tingkat swap layar tinggi.

Uji performa

Dalam uji benchmark menggunakan aplikasi Antutu Benchmark, Galaxy A5 mendapatkan skor 21033. Dalam hal performa masih di bawah Asus Zenfone 5 dan Xiaomi Mi 2. 

Selanjutnya>>>

5 dari 6 halaman

Kamera

Kamera

Kemudian dari sisi kamera, Samsung menonjolkan sejumlah fitur selfie dalam smartphone tersebut. Galaxy A5 dilengkapi multi advanced camera, seperti wide selfie, palm-selfie, voice activated, dan animated-selfie.

Nah, karena Galaxy A5 ditujukan untuk anak-anak muda, terutama penggemar selfie, sudah pasti fitur kamera pun bermacam-macam. Alhasil, aktivitas selfie menjadi lebih menyenangkan.

Untuk plam-selfie, misalnya, Anda hanya cukup menunjukkan telapak tangan ke kamera, lalu kamera secara otomatis akan mulai memotret. Sedangkan animated-selfie dapat menghasilkan gambar bergerak dalam format GIF. Jadi, bagi para penggemar selfie dengan kamera depan, Galaxy A5 bisa menjadi salah satu pilihan.

Hasil foto kamera utama menunjukkan bahwa Galaxy A5 mampu menangkap lebih banyak detail, terutama di dalam ruangan dengan cahaya terang. Sedangkan dalam kondisi low light, baik di dalam atau luar ruangan, noise akan sedikit mengganggu foto.

Posisi kamera utama (belakang) yang sedikit menonjol menguntungkan letak speaker yang ada di sampingnya. Misalnya, ketika smartphone diletakkan di atas meja, suara yang dihasilkan tidak meredam karena terbantu dengan posisi kamera belakang sehingga speaker tidak tertutup meja.

Hasil foto outdoor

Hasil foto indoor

Hasil foto indoor

Hasil foto makro

Selanjutnya>>>

6 dari 6 halaman

Kesimpulan

Kesimpulan

Bermain di kelas menengah, Galaxy A5 sejatinya tidak bisa dibilang cukup terjangkau karena dibanderol Rp 5 juta. Sayangnya, smartphone yang diluncurkan di Tanah Air pada Januari 2015 ini juga tidak hadir dengan OS Android terbaru, 5.0 Lollipop.

Namun bukan berarti Galaxy A5 tidak bisa menjadi pilihan Anda. Material metal unibody berhasil membuat Galaxy A5 menjadi smartphone kelas menengah dengan tampilan high-end. Serangkaian spesifikasi dan fitur yang dimilikinya pun juga tak kalah menarik, termasuk untuk urusan layar dan kamera.

Samsung dengan tepat memanfaatkan momen selfie yang saat ini tengah menjadi tren di kalangan anak muda, termasuk Indonesia. Nilai plus lainnya adalah dukungan jaringan 4G, yang sudah bisa dicicpi di Tanah Air.

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini