Sukses

Ongkos Transport Bos Google Capai Rp 8,6 Miliar Setahun

Membengkaknya biaya operasional petinggi Google ini kabarnya mendapatkan kecaman dari para pemegang saham.

Liputan6.com, Jakarta - Chairman Google, Eric Schmidt, mendapatkan kompensasi jabatan yang cukup besar di tahun 2014 kemarin. Menurut data yang dirlis perusahaan, sang bos besar Google ini berhak atas kompensasi jabatan tahun lalu senilai US$ 108 juta, atau sekitar Rp 1,3 triliun.

Menariknya, dari total kompensasi tersebut sebagian besarnya merupakan penggantian biaya transport Schimdt selama setahun penuh. Alokasi dana untuk biaya transport Schmidt, termasuk biaya pesawat jet pribadi untuk mendatangi berbagai konferesi perusahaan, disebutkan mencapai US$ 672 ribu, setara dengan Rp 8,6 miliar.

Dikutip dari laman Business Insider, Jumat (24/4/2015), kompensasi ongkos transport Schmidt tersebut melonjak drastis dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sebagai perbandingan, di tahun 2013 lalu Schmidt hanya mendapatkan kompensasi biaya perjalanan sebesar US4 61 ribu. Dan ditahun 2012, bahkan hanya US$ 14 ribu.

Membengkaknya biaya operasional petinggi Google ini kabarnya mendapatkan kecaman dari para pemegang saham. Meski begitu, dengan sistem perusahaan yang megusung struktur saham multi-class, para pemegang saham tidak memiliki hak untuk memaksakan operasional teknis perusahaan.

(dhi/isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini