Sukses

Seberapa Hebat Ketahanan Apple Watch di Dalam Air?

Apple sendiri secara resmi mengatakan bahwa Apple Watch telah mengantongi sertifikasi IPX7.

Liputan6.com, Jakarta - Para konsumen Apple yang sudah melakukan pre-order telah menerima unit Apple Watch mereka masing-masing per 24 April kemarin. Salah satu yang sudah mendapatkannya adalah tim pemilik channel teknologi di YouTube bernama FoneFox asal Australia.

Mereka pun langsung mengadakan sejumlah tes untuk jam tangan pintar terbaru dari Apple itu. Di sesi awal, mereka fokus melakukan uji ketahanan air.

Pihak Apple sendiri secara resmi mengatakan bahwa Apple Watch telah mengantongi sertifikasi IPX7. Yang artinya perangakat tersebut memang tahan air dan sanggup bertahan hingga kedalam 1 meter selama 30 menit.

Untuk membuktikan hal itu, tim FoneFox pun mencoba membawa Apple Watch ke kolam renang. Saat diuji, Apple Watch memang tak mengalami masalah ketika `diajak` berendam di kolam renang. Semua fungsingya berjalan baik tanpa hambatan sedikitpun.

Tes berikutnya tim FoneFox mencoba merendam Apple Watch di dalam ember selama lima menit. Dan hasilnya unit Apple Watch yang diuji tetap berfungsi normal.

Ujian berlanjut ke percobaan berenang. Apple Watch dibawa ke dalam air dan coba dioperasikan di kedalaman. Ternyata layar sentuh Apple Watch tak bekerja di dalam air. Meski begitu, navigasi Crown Digital (tombol putar) tetap bergungsi sebagaimana mestinya.

Bedasarkan uji ketahanan air yang berlangsung selama 15 menit tersebut, tim FoneFox menyimpulkan bahwa Apple Watch memang cukup tahan air sesuai dengan standar sertifikasi IPX7. Namun layar sentuhnya tidak dapat berfungsi di dalam air.

Untuk lebih jelasnya simak video berikut ini:(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini