Sukses

Mencengangkan, Banyak Anak di Bawah 1 Tahun Pakai Smartphone

Tak heran bila kini banyak anak-anak yang tergolong masuk dalam kategori usia dini sering bermain dengan perangkat mobile.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orangtua menggunakan perangkat gadget seperti smartphone atau tablet untuk menghibur anak-anak mereka. Hal itu disebabkan karena kedua jenis handset tersebut dapat melakukan banyak hal, seperti bermain game, menonton video, mendengarkan audio book, dan lain sebagainya.

Maka tak heran bila kini banyak anak-anak yang tergolong masuk dalam kategori usia dini sering bermain dengan perangkat mobile. Menurut sebuah studi yang dilakukan Pediatric Academic Societies, lebih dari sepertiga anak-anak di AS di bawah usia satu tahun telah menggunakan perangkat mobile.

Lebih spesifiknya adalah sekitar 36 persen dari mereka menggunakan perangkat mobile, seperti smartphone atau tablet. Sementara 30 persen diantaranya berusia 1 tahun dan 2 persen untuk anak 4 tahun.

Penemuan ini terbilang cukup menarik, dimana anak-anak yang menggunakan perangkat mobile untuk bermain game memuncak pada usia 2 tahun, dan mulai menurun setelah itu.

Mengutip laman Ubergizmo, Selasa (28/4/2015), studi ini juga menemukan bahwa orangtua kerap memberikan perangkat mobile kepada anak-anaknya saat mereka melakukan tugas-tugas di rumah.

Hal ini diikuti dengan menggunakan perangkat mobile untuk menenangkan anak mereka sebesar 65 persen, digunakan untuk menghibur anak-anak mereka saat menjalankan tugas sebesar 60 persen, dan 29 persen mengatakan bahwa mereka menggunakan perangkat mobile untuk membantu anak-anak mereka pergi ke tempat tidur.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.