Sukses

Capdase Pulse Bluetooth Headphone: Tanpa Kabel, Gak Ribet

Bagi yang tak mau repot dengan kabel yang menjuntai, headphone wireless Bluetooth bisa dijadikan pilihan.

Liputan6.com, Jakarta - Memilih jenis headphone yang cocok memang tidak mudah. Ada orang yang merasa nyaman memakai headphone berdesain earbud yang dilengkapi kabel, ada juga yang suka dengan headphone model on-ear atau full-size, tergantung selera dan kebutuhan.

Dulu, sebelum era Walkman datang dan merevolusi perangkat pemutar musik pada tahun 1980-an, headphone hadir dalam bentuk yang besar dan kaku. Seiring berjalannya waktu, headphone sekarang tampil makin stylish, dengan kualitas suara yang memukai dan fungsi yang semakin mobile. 

Bagi yang tak mau repot dengan kabel yang menjuntai, headphone wireless (nirkabel) Bluetooth bisa dijadikan alternatif pilihan. Headphone jenis ini nyaman dipakai di segala situasi.  

Salah satu headphone wireless yang bisa Anda coba adalah Pulse Bluetooth Headphone dari perusahaan pembuat aksesoris perangkat gadget, Capdase. Ya, Capdase yang selama ini dikenal sebagai pembesut casing ponsel juga merilis headphone. 

Tim Tekno Liputan6.com berkesempatan mencoba headphone ini. Pulse Bluetooth Headphone dikemas dalam sebuah kotak yang cukup besar. Saat dibuka, di dalamnya Anda akan menemukan 4 item, yang terdiri dari:
- Headphone
- Line-in cable
- Micro USB charging cable
- Carrying bag alias sarung untuk membawa headphone

Capdase Pulse Bluetooth Headphone (Liputan6.com / Dewi Widya Ningrum)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desain

Desain

Pulse Bluetooth Headphone dirancang dengan desain yang simpel. Headphone ini bisa ditekuk agar tidak memakan ruang penyimpanan yang banyak. Bodinya agak lebar, dengan dimensi panjang 262 mm, lebar 257 mm, dan tinggi 74 mm. Namun headphone ini tak terasa berat saat dipakai, bobotnya 260 gram.

Bagian earpad-nya empuk, dibalut bahan kulit sintetis sehingga terasa nyaman saat menempel di telinga. Selain itu, bantalan headphone yang besar juga membuat daun telinga tidak terasa sakit meski berlama-lama menggunakannya.

Capdase Pulse Bluetooth Headphone (Liputan6.com / Dewi Widya Ningrum)

Capdase Pulse Bluetooth Headphone (Liputan6.com / Dewi Widya Ningrum)

Setidaknya ada 10 fungsi yang disematkan pada headphone ini: On/Off Switch, Pair Button, Micro USB port, Active Noise Cancelling (ANC) Switch, NFC Link Zone, Multi-function Button and LED Indicator, Line-in port, Microphone, Volume down/previous song, Volume up/next song. 

3 dari 4 halaman

Fitur

Fitur

Pulse Bluetooth Headphone dilengkapi teknologi NFC (Near Field Communication) sehingga memungkinkannya terhubung ke perangkat lain. Jika ingin menghubungkan ke perangkat yang tidak didukung Bluetooth, Anda bisa menggunakan Line-in Cable ke port yang tersedia di headphone. Line-in Cable memungkinkan Anda mendengarkan musik jika baterai headphone-nya habis.

Headphone ini juga dibekali fitur Active Noise Cancellation, yang mampu mengurangi background noise sehingga cocok digunakan untuk mendengarkan musik di lingkungan yang berisik seperti saat naik kereta, pesawat atau di jalan umum sehingga suara terdengar lebih jernih. Untuk mengaktifkan fitur ini, geser tombol ANC Switch ke bawah. Lampu LED indikator akan menyala jika fitur ini hidup.

Capdase Pulse Bluetooth Headphone (Liputan6.com / Dewi Widya Ningrum)

Yang menarik, headphone ini punya fitur Sleep Mode. Jika headphone dalam keadaan menyala tapi tidak ada audio yang diputar, headphone secara otomatis akan masuk ke mode Power Saving Sleep setelah 10 menit. Untuk mengaktifkannya lagi, cukup tekan tombol Multi-function.

Anda juga bisa menerima dan melakukan penggilan telepon menggunakan headphone ini, bahkan melakukan redial nomor telepon terakhir yang dipanggil lewat ponsel Anda.

Capdase Pulse Bluetooth Headphone (Liputan6.com / Dewi Widya Ningrum)

4 dari 4 halaman

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan

- Wireless sehingga tidak repot dengan kabel yang menjuntai, cocok untuk yang punya aktivitas mobile tinggi.
- Kompatibel dengan hampir semua merek ponsel, tablet, media player dan PC
- Dilengkali fitur Noise Cancellation sehingga nyaman dipakai di lingkungan yang berisik
- Sudah didukung Bluetooth versi 4.0 untuk streaming musik berkecepatan tinggi
- Desainnya compact dan bisa ditekuk sehingga mudah disimpan

Kekurangan

- Body headphone ini agak lebar
- Musik akan berhenti saat baterainya habis, durasi playtime headphone ini adalah 10 jam, jadi Anda harus siap-siap membawa charging kabel
- File audio dikompresi sehingga membuat musik terdengar kurang dinamis

Berikut spesifikasi lengkap Pulse Bluetooth Headphone:

Harga: Rp 1.250.000
Berat: 260 gram
Kapasitas baterai: 270 mAh
Playtime: 10 jam
Standby time: 130 jam
Jangkauan konektiviti: 10 meter
Driver diameter: 40 mm
Impedance: 32 ohm
Sensitivity: 92 dB +- 3 dB (at 1 kHz, 1 mW)
Frekuensi response: 20-20k Hz
Mic input sensitivity: -78 dB

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.