Sukses

Mana yang Cocok untuk Nge-Game, iPhone 6 atau Galaxy S6?

iPhone 6 atau Samsung Galaxy S6, mana yang lebih cocok untuk bermain game?

Liputan6.com, Jakarta - Eksistensi mobile game di smartphone sudah menjamur dan semakin banyak judul game menarik yang patut dimainkan di perangkat berbasis iOS maupun Android.

Judul mobile game bahkan menampilkan gameplay dengan tampilan grafik yang begitu sempurna untuk ukuran smartphone. Tentunya, ini menjadi pertimbangan para gamer, kira-kira untuk memainkan sebuah game dengan tampilan grafik yang sempurna apakah dibutuhkan sebuah perangkat smartphone yang mumpuni seperti iPhone 6 atau Samsung Galaxy S6?

Menurut informasi yang dilansir laman Pocket Gamer, Selasa (28/4/2015), tim pembuat mobile benchmarking GameBench rupanya baru-baru ini telah memakai software-nya untuk membandingkan tingkat performa gaming antara iOS dan Android.

Kali ini, tim GameBench membandingkan perangkat anyar iOS dan Android yang baru saja hadir di pasaran, yakni iPhone 6 dan Samsung Galaxy S6. 

Tim penguji menggunakan tool yang hadir di masing-masing perangkat. Mereka memiliki waktu 15 menit untuk menguji performa game tersebut. Game yang di-test antara lain merupakan: Asphalt 8, Dead Trigger 2, Modern Combat 5: Blackout, Marvel: Contest of Champions, GTA: San Andreas, dan Monument Valley.

Tim penguji melihat kehalusan tampilan grafik (frames per second atau FPS) yang diperlihatkan dari kedua perangkat tersebut ketika memainkan judul-judul game `berat`. Terdapat tiga faktor frames per second untuk tolak ukur kehalusan grafik sebuah game di perangkat: median FPS, minimum FPS, dan FPS stability.

Benchmark test antara iOS dan Android

Setiap game yang dimainkan memiliki performa yang bervariasi, ada yang lebih baik dimainkan di iOS, bahkan ada pula beberapa judul yang lebih baik dimainkan di Android.

Namun, secara keseluruhan tim penguji menilai bahwa iPhone 6 rupanya mampu memenuhi ketiga faktor tersebut. iPhone 6 memiliki median frame rate tertinggi, yakni 40 fps dan memiliki minimum frame rate tertinggi di 32 fps.

Tim penguji juga terkesima dengan performa iPhone 6 yang ternyata memiliki frame rate yang lebih stabil, yakni sampai dengan 92 persen. Lebih lanjut, mereka menjelaskan bahwa performa Samsung Galaxy S6 sebetulnya tidak terlalu jauh dengan iPhone 6. Hanya saja Samsung Galaxy S6 memiliki median 36 fps, minimum 29 fps dan kestabilan frame rate sampai 84 persen.

(jek/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.