Sukses

5 Fakta Penting Apple Watch yang Perlu Anda Ketahui

Banyak hal terungkap pasca jam tangan pintar anyar Apple tersebut berada di tangan pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Apple Watch sudah melenggang di pasaran sejak 24 April 2015. Banyak hal terungkap pasca jam tangan pintar anyar besutan Apple tersebut berada di tangan pengguna.

Mulai dari urusan aplikasi, spesifikasi, hingga berbagai aksesoris yang menyertainya. Namun, untuk lebih jelasnya berikut adalah 5 fakta terkait Apple Watch yang perlu Anda ketahui (sebelum dan sesudah memilikinya).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

NEXT

1. Charger Apple Watch bisa untuk perangkat lain

Ya, paket penjualan Apple Watch memang sudah dilengkapi dengan sebuah charger inovatif yang disebut MagSafe. Perangkat isi ulang daya baterai canggih ini cukup unik karena bekerja layaknya magnet. Cukup ditempel di permukaan body bagian belakang Apple Watch, maka proses pengisian daya pun langsung berjalan.

Menariknya lagi, menurut hasil uji tim dari Apple Insider, ternyata charger MagSafe tidak saja kompatibel dengan Apple Watch, melainkan juga pada seluruh perangkat yang menggunakan baterai jenis Qi (baterai jenis lithium mini yang umumnya dipakai pada jajaran smartwatch).

Hasilnya, MagSafe pun bisa digunakan untuk mengisi daya smartwatch Motorola Moto 360.


3 dari 6 halaman

NEXT

2. Apple Watch lebih tahan air 

Apple secara resmi mengatakan bahwa Apple Watch telah mengantongi sertifikasi IPX7. Yang artinya perangkat tersebut memang tahan air dan sanggup bertahan hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Akan tetapi, nyatanya berdasarkan hasil tes yang dilakukan tim FoneFox, daya tahan Apple Watch terhadap air --dan di dalam air-- lebih dari itu. Apple Watch tak mengalami masalah ketika `diajak` berendam di kolam renang. Meski begitu, fungsi layar sentuh sedikit terhambat saat coba dioperasikan di dalam air.

4 dari 6 halaman

NEXT

3. Ada pendeteksi kadar oksigen di dalam darah

Apple memang fokus menyematkan berbagai fitur kebugaran di Apple Watch. Selain memiliki sensor detak jantung, ternyata di dalam Apple Watch juga tersedia alat pendeteksi kadar oksigen dalam darah penggunanya.

Hal ini pertama kali diungkap oleh iFixit yang memang dengan sengaja membongkar jeroan Apple Watch. Mereka menemukan bahwa sensor detak jantung yang ada Apple Watch juga dapat berfungsi sebagai alat monitor kadar oksigen dalam darah. Namun sayangnya, belum ada software yang disertakan untuk mengolah data tersebut.

5 dari 6 halaman

NEXT

4. Kerusakan pada band tak dijamin

Menurut laporan 9to5mac, kerusakan pada band (tali jam tangan) Apple Watch tidak dijamin oleh pihak Apple. Dengan kata lain, Apple tidak akan melakukan penggantian jika terjadi kerusakan (pemudaran warna, goresan, dll) pada band.

Kabarnya, warna pada band Apple Watch akan memudar jika terlalu sering terkena keringat atau menempel pada permukaan kulit yang menggunakan lotion. Tetapi, hal itu juga selalu terjadi di band jam tangan manapun.

6 dari 6 halaman

NEXT

5. Boks kemasan berbeda-beda

Jangan kaget jika kotak kemasan Apple Watch yang Anda terima berbeda dengan milik orang lain. Pasalnya, Apple memang menyediakan sejumlah model boks kemasan sesuai dengan model Apple Watch yang Anda pesan.

Untuk Apple Watch Sport misalnya, Apple menggunakan boks kemasan memanjang. Sedangkan untuk Apple Watch versi orisinil, boks kemasannya berbentuk kotak layaknya kebanyakan packaging jam tangan. Sementara untuk versi premium Apple Watch Edition, kotak kemasannya berbentuk kotak dan nampak jauh lebih mewah.

(dhi/isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.