Sukses

Hadirkan Layanan Pemantau Kendaraan, Indosat Perangi Blankspot

Kondisi lokasi blankspot yang masih tersebar bisa membuat proses pelaporan informasi tertunda.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan pemantau kendaraan bernama Vehicle Telematics menjadi solusi baru yang dihadirkan Indosat bagi perusahaan yang memiliki kendaraan dalam jumlah besar. Demi mengoptimalkan layanannya ini, Indosat menggabungkan layanan telekomunikasi berbasis seluler dan satelit yang dimilikinya.

Hal itu dilakukan agar deteksi lokasi dan kondisi kendaraan yang menjadi fungsi dasar dari Vehicle Telematics bisa dinikmati perusahaan secara optimal. Pasalnya, kondisi lokasi blankspot yang masih tersebar bisa membuat proses pelaporan informasi tertunda.

"Kita gabungkan antara telekomunikasi memakai satelit dan seluler karena pelaporannya pakai jaringan GPRS. Blankspot jadi satu hal paling penting yang harus kita perangi supaya perusahaan dapat laporannya secara real-time,"ungkap Hendra Sumiarsa, Division Head M2M Solution Indosat di Jakarta. 

Produk layanan kalangan bisnis diklaim membuat perusahaan tahu secara detil informasi terkait pemakaian bahan bakar, kondisi kendaraan meliputi suhu mesin, perilaku berkendara, perencanaan rute perjalanan hingga kejadian penting seperti banting stir maupun rem mendadak.

Antisipasi lain yang disediakan Indosat agar laporan dari kendaraan pengguna Vehicle Telematics adalah berupa kemampuan menyimpan datanya secara internal memakai ruang penyimpanan di perangkatnya. Data yang tersimpan akan dikirimkan setelah kendaraan mendapat sinyal secara langsung ke server perusahaan.

"Secara otomatis perangkatnya akan menyimpan data sampai 40 MB ketika masuk lokasi blankspot dan langsung dikirim begitu dapat sinyal. Perangkat yang ditanam di mobil juga akan mengirimkan peringatan ke server ketika perangkat dicabut atau 4 jam tak kirim laporan. Ini untuk antisipasi kalau-kalau kendaraan dicuri," tambah Hendra.

Layanan yang disediakan Indosat ini diharapkan akan membuat perusahaan lebih mudah dalam memantau dan mengatur kendaraan secara efisien.

Perusahaan yang menjadi target pemasaran produk layanan Vehicle Telematics adalah perusahaan transportasi, logistik, distribusi, dan perusahaan penyewaan kendaraan.

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini