Sukses

Gara-gara iPad, 74 Penerbangan American Airlines Terganggu

Lebih dari 74 penerbangan di American Airlines terganggu karena ada masalah di iPad.

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai American Airlines mengidentifikasi masalah yang menyebabkan lebih dari 70 penerbangan harus tertunda sejak Selasa malam kemarin. Kesalahan perangkat lunak yang terpasang di iPad maskapai ditengarai sebagai biang keladi kekacauan tersebut.

Perusahaan penerbangan itu mengaku ujung pangkal masalahnya ialah terdapat di peta digital yang terpasang di kokpit pilot. Namun, pihak American Airlines menuturkan telah menyelesaikan permasalahan tersebut pada Rabu malam waktu setempat.

"Beberapa penerbangan mengalami masalah dengan aplikasi perangkat lunak yang terpasang di iPad percontohan yang terpasang di kokpit pilot. Pada beberapa kasus, penerbangan akan kembali normal setelah mengakses koneksi WiFi untuk memperbaiki permasalahannya," tulis American Airlines dalam sebuah pernyataan.

Andrea Huguely selaku juru bicara American Airlines mengatakan, sebanyak 74 penerbangan yang terganggu merupakan hanya sebagian kecil dari total 6.700 penerbangan yang biasa dilakukan maskapai itu setiap harinya.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan kepada pelanggan. Kami bekerja keras untuk membuat pelanggan bisa melakukan perjalanan dan segera tiba ke tempat tujuannya secepat mungkin," kata maskapai itu seperti dilansir CNN Money.

Pada 2013, American Airlines menjadi maskapai pertama yang menggunakan iPad sebagai perangkat pendukung navigasi pilot ketika melakukan perjalanan. Langkah mengadopsi perangkat digital merupakan langkah efisiensi perusahaan untuk mengurangi penggunaan kertas.

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini