Sukses

Jakarta Bakal Punya Pusat Kendali ala Star Trek Bandung?

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengaku siap mengadopsi sistem monitoring masyarakat berbasis teknologi informasi serupa BCC

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai kota di Indonesia tengah mempersiapkan penerapan kota pintar alias smart city. Bandung merupakan kota yang juga telah mempersiapkan diri menyambut penerapan kota pintar, Bandung Command Center (BCC), salah satu wujud nyatanya.

Fasilitas BMC mengintegrasikan layanan media sosial populer, seperti Twitter dan aplikasi khusus untuk memperkuat fungsinya sebagai pemantau aktivitas warga. Fasilitas itu disebut-sebut membuat Bandung selangkah lebih maju dari kota lainnya dalam penerapan teknologi informasi.

Jakarta yang merupakan ibukota negara Indonesia tak mau ketinggalan terlalu jauh dari Bandung. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengaku sudah mempersiapkan diri mengadopsi sistem monitoring masyarakat berbasis teknologi informasi serupa BCC.

"Dalam waktu dekat kita juga akan luncurkan monitoring room seperti yang ada di Bandung. Sekarang masih dalam tahap proses pembangunan, targetnya Agustus atau September 2015 sudah siap digunakan untuk memantau aktivitas masyarakat Jakarta," ungkap Alberto Ali, Kepala UPT Smart City Pemprov DKI Jakarta di Jakarta, Senin (4/5/2015).

Pria berbadan tegap itu menyebutkan, Pemprov DKI Jakarta sudah mengalokasikan dana Rp 24 miliar untuk membangun monitoring room. Alokasi dana itu dialokasikan pada penyediaan infrastruktur, integrasi fasilitas, dan tenaga yang akan menjalankannya.

"Paling besar alokasi dananya di penyediaan infrastruktur, seperti data center, wall monitoring screen, interior, dan integrasi pada fasilitas yang sudah ada. Kita akan manfaatkan fasilitas yang sudah ada, seperti CCTV sebanyak 350 unit yang sudah terpasang dan aplikasi sosial media," imbuh Alberto saat ditemui tim Tekno Liputan6.com.

Fasilitas pemantau berbasis teknologi informasi milik Pemprov itu nantinya akan dikendalikan di bawah komando Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta. Sistem komando itu menyerupai BCC yang dikomandoi Ridwan Kamil alias Kang Emil, Walikota Bandung.

Sayangnya, Alberto tak mau menyebutkan apakah desain dari pusat ruang kontrolnya itu bakalan menyerupai pusat komando di pesawat Star Trek yang telah diadopsi BCC atau akan memakai konsep pusat pengendali lain yang dianggap lebih cocok diterapkan di Jakarta.

"Tunggu saja pas kita launching. Nanti kita akan berikan informasi dan penjelasan secara detail dari kondisi dan fungsinya apa saja. Ya, nanti pas resmi dikenalin sama pak Gubernur saja," tandas Alberto.

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.