Sukses

Ramadan, Apa yang Dilakukan Orang Indonesia di Facebook?

Menurut data, aktivitas online pengguna Facebook di malam hari meningkat selama bulan Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak terasa, bulan suci Ramadan akan segera datang. Bulan depan seluruh umat muslim akan menjalan ibadah puasa. Dan ternyata, aktivitas online pengguna Facebook di malam hari justru meningkat selama Ramadan. 

Situs jejaring sosial Facebook menganalisis tren pengguna Facebook di Indonesia selama bulan Ramadan tahun lalu dan menuangkannya dalam bentuk infografis. Berdasarkan data, orang Indonesia ternyata menghabiskan lebih banyak waktu di Facebook mobile dari jam 9 malam hingga jam 12 dini hari.

"Rata-rata, terjadi peningkatan 70% jumlah pengguna aktif setiap jamnya di Facebook menjelang tengah malam," kata Facebook dalam keterangannya, Kamis (7/5/2015).

Selama Ramadan tahun lalu, Facebook mencatat bahwa orang Indonesia 4,3x lebih banyak beraktivitas di Facebook mobile dibandingkan desktop. Orang-orang juga jadi senang mencari informasi mengenai resep, menghias rumah dan busana. 

Percakapan mengenai bulan puasa ternyata sudah dimulai sebulan sebelumnya, menjelang hari pertama puasa dimulai. Karena itu para pebisnis diharapkan dalam melakukan kampanye pemasaran lebih awal juga.

Data tersebut diambil dari internal Facebook, berdasarkan kesimpulan dan laporan data dari April hingga Juli 2014, dan diakses pada April 2015. Data ini dirilis untuk memberikan gambaran kepada para pebisnis untuk mengkampanyekan produk mereka di Facebook. Dengan semakin mengenal siklus aktivitas pengguna Facebook, diharapkan pesan yang ingin disampaikan akan semakin relevan.

Facebook juga mengungkap bahwa ada sekitar 37 juta orang Indonesia yang aktif di Facebook setiap harinya, dan 33 juta di antaranya mengakses Facebook mobile dari gadget mereka masing-masing. Berikut infografis selengkapnya.

Infografis Ramadan di Facebook (sumber: Facebook)

(dew)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.