Sukses

Top 5: Mantan Tukang Ojek Kaya Raya Berkat Bisnis Online

Sebelum beraktivitas di weekend minggu ini, simak rangkuman berita-berita yang paling populer dari dunia teknologi.

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum beraktivitas di weekend minggu ini, simak rangkuman berita-berita yang paling populer dari dunia teknologi kemarin, Jumat (16/5/2015).

1. Mantan Tukang Ojek Kaya Raya Berkat Bisnis Online

Dedy Indrawan (34), yang sebelumnya sempat menjadi tukang ojek keliling, memulai bisnis seprai dan bed cover bersama sang istri secara online sejak 2009. Meski awalnya ragu, ia memberanikan diri memulai bisnis online dengan bermodalkan pinjaman uang dari seorang kerabat. Bisnisnya semakin lama semakin berkembang. Ia memutuskan berhenti bekerja dari bank dan fokus menggarap bisnis online-nya.

Setelah tiga tahun hanya mengambil stok barang dari supplier, kini Dedy mampu memproduksi seprai dan bed cover sendiri. Pemasaran yang awalnya dilakukan melalui website pribadi, lambat laun dirasa tidak lagi efektif. Ia akhirnya memutuskan untuk memasarkan produknya melalui mall online Tokopedia. 

2. `Konsumen Berhak Tahu Bahaya Radiasi Ponsel`

Menurut Dewan Kota Berkeley, California, informasi terkait bahaya radiasi ponsel adalah hak konsumen. Dewan Kota Berkeley bahkan telah menelurkan aturan daerah bertajuk `Hukum Hak Untuk Tahu`, yang secara harfiah mengharuskan para penjual (retail besar maupun pengecer kecil) ponsel untuk memasang peringatan terkait bahaya radiasi ponsel di toko-toko mereka. Persis dengan konsep yang diterapkan pada bungkus rokok.

World Health Organization (WHO) sendiri pernah memberikan penyataan bahwa penggunaan ponsel dapat meningkatkan kemungkinan terkena penyakit kanker. Bahkan sebuah penelitian di University of Exeter mengungkapkan, radiasi dari ponsel bisa menurunkan kualitas gerakan sperma.

3. 10 Produk Langka Apple yang Tak Banyak Diketahui

Kebanyakan orang mungkin sudah familiar dengan produk-produk Apple yang terkenal seperti iPod, iPhone, iPad, dan Apple Watch. Namun banyak yang tidak tahu bahwa Apple ternyata juga pernah membuat beberapa produk yang cukup langka.

Mulai dari komputer TAM edisi terbatas, hiasan dinding edisi terbatas berupa logo Apple bernuansa pelangi, EarPod yang terbuat dari emas solid, aksesoris rumah seperti payung dan mug hingga clothing line. Ini adalah produk-produk Apple yang tidak banyak dibicarakan publik.

4. Kisah Sebenarnya di Balik Kelahiran Si Robot Hijau Android

Mendengar kata Android, mungkin yang terlintas di sebagian besar benak orang adalah maskot si robot hijau. Maskot Android ini sudah menjadi salah satu logo yang sangat dikenal di dunia teknologi. Irina Blok adalah sosok pencetus ide pembuatan maskot robot hijau untuk Android tersebut. Ia tak pernah menyangka jika si robot hijau ini akan menjadi begitu ikonik.

Tak butuh waktu lama baginya membuat si robot hijau ini. Para pengembang di Google kemudian dengan cepat mulai menciptakan versi mereka sendiri dari karakter si hijau kecil ini. Tim desainer lainnya kemudian memutuskan untuk memungkinkan penggunanya bisa mendandani 'robot hijau' sesuai selera masing-masing, layaknya sistem operasi Android yang bersifat open source. 

5. Orang-orang Ini Dipecat Karena Tweet

Semua orang bisa mengatakan apapun yang mereka inginkan di Twitter. Namun seperti dua sisi mata uang, pengguna harus siap menghadapi konsekuensi jika tweet mereka tidak disukai atau merugikan orang lain. Jangan sampai sebuah tweet justru menjadi bumerang jika mengatakan sesuatu dalam konteks yang tidak tepat. 

Tweetwar atau 'perang' tweet adalah salah satu akibat jika tweet kita dirasa tidak tepat atau menyinggung orang lain. Bahkan ada sejumlah orang yang dipecat dari pekerjaan mereka karena sebuah tweet, seperti konsultan PR Justine Sacco yang men-tweet lelucon soal AIDS dan ahli media sosial, Bartosiewicz, yang men-tweet soal kemacetan pakai akun perusahaan.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini