Sukses

Cara Jitu Pikat Konsumen di Facebook dan Twitter

Media sosial saat ini adalah bagian penting dalam strategi bisnis modern.

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial saat ini adalah bagian penting dalam strategi bisnis modern. Oleh karena itu para pelaku bisnis dinilai harus bisa memaksimalkan dan menggunakan media sosial sebaik mungkin.

Dua media sosial besar yang kerap digunakan oleh pelaku bisnis adalah Facebook dan Twitter. Keduanya digunakan untuk mempromosikan bisnis dan menggaet lebih banyak konsumen.

Jika Anda kerap menggunakan dua layanan tersebut dan bingung cara memaksimalkannya, tips berikut ini mungkin bisa memberikan gambaran bagaimana menggunakan media sosial dengan tepat.

Dua eksekutif dari media sosial tersebut, Deepanjan De dari Facebook dan Brett Goldslager dari Twitter, berbagi tips sukses mengenai cara memikat konsumen untuk para pelaku bisnis.

Berikut sejumlah tips tersebut, seperti dikutip dari laman Enterpreneur, Rabu (20/5/2015).

Selanjutnya>>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kenali fungsi media sosial

Facebook dan Twitter sama-sama berguna dan penting, tapi masing-masing memiliki cara penggunaan yang berbeda. Twitter, misalnya, mungkin lebih maksimal untuk layanan konsumen secara real-time. Sedangkan Facebook adalah layanan terbaik untuk mendorong penjualan.

Menurut De, pelaku bisnis sebenarnya bisa mendapatkan lebih dari sekadar `like`, komentar, dan share di Facebook. Facebook sebenarnya bisa menjadi layanan terbaik untuk mendorong konsumen mengakses website sang pelaku bisnis atau perusahaan bersangkutan.

Selanjutnya>>>

3 dari 4 halaman

2. Konten bernilai

Jika ingin menjaring konsumen, pastikan bahwa layanan atau produk Anda benar-benar berarti bagi mereka. Menjalin hubungan yang harmonis adalah hal penting di media sosial.

Untuk penggunaan Twitter, pastikan konten yang di-posting relevan dengan bisnis Anda. Dengan demikian, orang-orang memiliki alasan untuk terhubung dengan setiap konten yang di-posting.

Selanjutnya>>>

4 dari 4 halaman

3. Aktif dan jelas

Frekuensi posting-an tergantung dari platform yang digunakan. Membuat posting-an menarik sekali atau dua kali sepekan di Facebook lebih efektif mencapai target, ketimbang empat kali sepekan.

Lain Facebook, lain lagi Twitter. Cara terbaik menggunakan Twitter justru membuat posting-an rata-rata dua sampai lima kali dalam sehari.

Namun yang perlu diingat, setiap posting-an harus memiliki tujuan jelas, seperti mempromosikan kelebihan dari layanan atau produk Anda.

Selamat mencoba.

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.