Sukses

Apple Caplok Perusahaan Navigasi Berakurasi Tinggi

Langkah akuisisi yang dilakukan Apple ini membuat rumor Apple sedang menyediakan layanan pemetaan sendiri semakin kuat.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan masuk dalam bursa calon pembeli potensial layanan peta digital milik Nokia, Here Maps. Namun sepertinya perusahaan itu memiliki langkah strategi lain dengan memilih perusahaan navigasi asal negaranya.

Perusahaan asal Cupertino, California tersebut diinformasikan telah membeli Coherent Navigation yang merupakan perusahaan GPS dari Amerika Serikat. Langkah akuisisi yang dilakukan melahirkan rumor bahwa Apple tengah menyiapkan layanan pemetaan sendiri semakin kuat.

Coherent Navigation adalah perusahaan yang berdiri pada 2008. Berbeda deangan sistem navigasi kebanyakan, Coherent Navigation diklaim bisa menyediakan navigasi berketepatan tinggi yaitu kegagalan dalam hitungan inci, bukan kaki ataupun meter yang lazim dipakai pada layanan pemetaan digital.

Dilaporkan Cnet, Selasa (19/5/2015), perusahaan itu mengklaim keakuratan yang disediakannya diperoleh bekat data satelit komunikasi orbit rendah Iridium yang dikombinasikan dengan GPS biasa.

Tak hanya navigasi berpresisi tinggi, Coherent Navigation disebutkan juga dipercaya menangani proyek navigasi otonom dan robotika. Hal itu menunjukkan, kemungkinan Apple tertarik menjelajah bisnis di dunia otomasi otomotif layaknya Google dengan mobil tanpa pengemudi.

Sayangnya, masih belum diketahui nilai pembelian dari perusahaan tersebut oleh Apple. Sebelum Coherent Navigation, Apple juga telah membeli beberapa perusahaan layanan navigasi dan lokasi dalam beberapa tahun belakangan, seperti Placebase, Locationary, hingga Hopstop. 

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.
    Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.

    Apple

  • Map

Video Terkini