Sukses

Dorong Pasar Aplikasi Lokal, Indosat Luncurkan i-Aplikazone

i-Aplikazone diklaim sebagai toko aplikasi Android terbesar yang pernah disediakan operator telekomunikasi lokal di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Industri digital sedang dikembangkan berbagai pihak di Indonesia agar lebih optimal. PT Indosat Tbk tak mau ketinggalan untuk menjadi salah satu perusahaan yang ikut mengembangkan industri tersebut dengan meluncurkan toko aplikasi Android bernama i-Aplikazone.

Perusahaan penyedia layanan telekomunikasi seluler ketiga terbesar di Indonesia itu mengklaim bahwa i-Aplikazone merupakan toko aplikasi Android terbesar yang pernah disediakan operator telekomunikasi lokal di Indonesia. i-Aplikazone telah menyediakan lebih dari 10 ribu aplikasi yang tersedia bagi seluruh pelanggan Indosat.

"Kita melihat penggunaan perangkat smartphone Android di Indonesia yang makin tinggi, bahkan bisa dibilang pertumbuhannya paling cepat. Nah, tahapan selanjutnya yang dibutuhkan mereka adalah aplikasi pendukung biar lebih mudah menjalankan aktivitas," ungkap Alexander Rusli, Presiden Direktur dan CEO Indosat di Jakarta, Rabu (20/5/2015).

Toko aplikasi i-Aplikazone merupakan hasil kerjasama Indosat dengan PPCW, penyedia jasa telekomunikasi asal Hong Kong. Keduanya bekerjasama karena memiliki kesamaan visi soal penyediaan aplikasi bagi pasar secara detil dan spesifik sesuai kebutuhan.

"PPCW dipilih karena visi kita sama dalam mengembangkan industri digital. Mereka memandang toko dan layanan aplikasi digital itu harus disesuaikan dengan kebutuhan lokal masing-masing. Kita berupaya untuk membangun ekosistem pengembang aplikasi lokal," ujar Alex lagi.

Saat ini, i-Aplikazone telah memiliki seribuan aplikasi yang telah menggunakan bahasa Indonesia untuk merangsang pengguna smartphone untuk lebih banyak memakai aplikasi mobile. Indosat berharap bisa meningkatkan potensi pasar pengguna smartphone agar lebih banyak mengadopsi aplikasi mobile.

"Yang sedang kita lakukan adalah meningkatkan ekosistem industri digital Indonesia. Maunya semakin banyak orang yang pakai smartphone, harusnya lebih banyak juga yang pakai aplikasi dengan layanan data karena Indosat kan basic-nya operator seluler," tandas Alex.

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini