Sukses

Cloud Computing Bisa Jadi Formula Kesuksesan UKM

`Cloud sangat baik untuk UKM. Lebih mudah secara penggunaan dan yang terpenting, dapat menekan cost operasional hinga 20-30%`

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi cloud computing atau komputasi awan kini telah menjadi hal wajib dan diadopsi oleh hampir seluruh perusahaan besar.

Namun begitu, menurut VP Fabeics & Virtual Infrastructure Avaya, Liam Kiely, cloud sebenarnya juga sangat cocok untuk ekosistem jenis usaha kecil dan menengah (UKM).

Hanya saja, kalangan UKM umumnya masih sangat asing dengan cloud. Hal ini menyebabkan banyak UKM merasa takut untuk hijrah ke platform cloud.

"Cloud sangat baik untuk UKM. Lebih mudah secara penggunaan dan yang terpenting dapat menekan cost operasional hinga 20-30%," ungkap Kiely.

Selain itu, keuntungan lain yang bisa didapat dengan cloud adalah fleksibilitas dan kebebasan untuk melakukan kustomisasi pada sistem.

"Kalau menggunakan hardware, kita harus upgrade hardware dengan cost yang mahal. Sementara cloud, semua upgrade sistem dapat dilakukan dengan mudah dan murah di sektor software. Cloud juga bisa mendorong UKM untuk lebih inovatif dalam menawarkan produk atau layanan," sambung Kiely saat ditemui tim Tekno Liputan6.com pada acara Avaya Technology Forum 2015 di Bangkok, Thailand.

Senada dengan Kiely, Garry E. Barnett selaku Senior VP Engagement Solutions Avaya juga berpendapat bahwa cloud adalah formula sukses untuk UKM.

Akan tetapi, Barnett mengatakan, "Diperlukan pula edukasi sumber daya manusia (SDM). Ini menjadi tantangan untuk kami. Kami harus bisa menyediakan layanan yang mudah diimplementasikan oleh UKM."

Avaya sendiri mulai berfokus pada segmen pasar UKM di Indonesia. "Ke depannya lini poduk kami akan lebih banyak menyasar segmen UKM," jelas Barnett.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini