Sukses

5 Kota di Indonesia Dengan Koneksi Internet Tercepat

Berikut ini adalah daftar 5 kota di Indonesia yang memiliki koneksi internet tercepat.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia bisa dibilang merupakan negara yang masih kalah jauh dibanding negara lainnya soal kecepatan koneksi internet. Menurut informasi yang dikutip dari Net Index, Kamis (21/5/2015), Indonesia merupakan negara dimana kecepatan internetnya berkisar mencapai 5,33 Mbps.

Kecepatan koneksi internet yang mengalir di negeri ini pun menjadikan Indonesia sebagai negara ke 143 dari 198 negara yang terdaftar memiliki kecepatan internet di dunia. Data tersebut tentunya dikumpulkan dari proses uji kecepatan `Speedtest` yang dilakukan di setiap kota, dengan jarak server kurang dari 300 mil atau sekitar 482 kilometer.

Menduduki posisi ke-143, tentunya menjadikan Indonesia termasuk kategori negara yang memiliki koneksi internet lamban. Pun demikian, terdapat beberapa wilayah dimana para pengguna internet ternyata masih bisa `mencicipi` cepatnya koneksi internet yang lebih cepat dibanding wilayah lainnya.

Bahkan, dengan dukungan layanan ISP (Internet Service Provider) tertentu, aktivitas berinternet pun semakin lebih cepat dan nyaman. Penasaran apa saja nama kota yang memiliki koneksi internet super cepat di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini.

>>> Selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5

5. Bandung

Kota Kembang rupanya menduduki posisi kelima dalam daftar kota yang memiliki koneksi internet paling cepat di Indonesia dengan kecepatan 3,95 Mbps.

Bahkan, koneksi internet kota Bandung sudah dilengkapi dengan layanan 4G LTE yang telah disediakan beberapa provider, contohnya saja XL dan Telkomsel. Jaringan teknologi selular generasi keempat ini sudah bisa dinikmati di hampir 100% kotamadya Bandung.

Adapun lokasi-lokasi strategis di Bandung yang sudah terjangkau 4G adalah di mal, perkantoran, gedung pemerintahan, daerah residensial, dan tempat wisata.

Selain jaringan, provider layanan 4G LTE tersebut juga sudah melakukan berbagai persiapan dari sisi layanan dan produk, seperti kesiapan uSIM (simcard 4G), ponsel 4G, konten, dan titik-titik pelayanan.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil menyambut baik dengan peluncuran layanan 4G di Bandung. Dengan layanan ini masyarakat tidak akan dikesalkan dengan buffering atau jeda waktu saat mengakses internet.

>>> Selanjutnya

3 dari 6 halaman

4

4. Surabaya

Kali ini, kota Surabaya menduduki peringkat keempat. Surabaya memiliki koneksi internet tercepat dengan kecepatan 4,17 Mbps.

Kota Pahlawan ini pun kebagian layanan 4G dari Telkomsel yang sudah bisa dinikmati di mayoritas lokasi outdoor maupun indoor di dalam kota.

Layanan 4G dari Telkomsel juga sudah tersedia di lokasi strategis yang memiliki trafik penggunaan data cukup tinggi, seperti mal, perkantoran, kampus, gedung pemerintahan, tempat wisata, daerah residensial, dan bandar udara.

>>> Selanjutnya

4 dari 6 halaman

3

3. Bekasi

Ya, siapa sangka kota Bekasi menduduki peringkat ketiga. Bekasi ternyata memiliki koneksi internet dengan kecepatan 4,29 Mbps. Kota ini juga kebagian koneksi internet 4G dari beberapa provider, termasuk Telkomsel.

Sebelumnya di wilayah Jakarta, dalam keterangan resminya, Telkomsel mengaku telah melakukan penambahan lokasi jangkauan jaringan Telkomsel 4G LTE diperluas ke area Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Bekasi memang menjadi salah satu lokasi yang telah dilayani layanan Telkomsel 4G LTE. Dengan memiliki koneksi internet yang sangat mumpuni, hal ini diharapkan dapat mendukung kegiatan akademis dan proses belajar mengajar di kota tersebut.

>>> Selanjutnya

5 dari 6 halaman

2

2. Jakarta

Sang ibukota rupanya tidak menduduki peringkat pertama. Pun demikian, Jakarta merupakan kota yang memiliki koneksi internet sampai dengan 7,25 Mbps.

Soal layanan internet 4G, Jakarta pun sudah mendapatkan jatah hampir semua provider yang menawarkan layanan internet super cepat ini. Telkomsel pun akhirnya meluncurkan secara resmi layanan komersial mobile 4G LTE yang pertama di Indonesia.

Kehadiran teknologi selular generasi keempat ini bisa dinikmati di 200-an lokasi yang diidentifikasi memiliki trafik data tinggi di wilayah Jakarta.

Telkomsel 4G LTE didukung oleh jaringan yang beroperasi secara outdoor yang meliputi beberapa area di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur - antara lain Bandara Soekarno Hatta, area Sudirman, Semanggi, SCBD, Tanah Abang, Pondok Indah, Kebayoran Baru, dan Blok M.

Sedangkan untuk jaringan yang beroperasi secara indoor tersebar di 43 titik prominent high data traffic area, seperti mal, perkantoran, gedung pemerintahan daerah residensial, GraPARI Telkomsel, termasuk di dalamnya Gandaria City, Pacific Place, Senayan City, Plaza Indonesia, dan Kota Kasablanka.

>>> Selanjutnya

6 dari 6 halaman

1

1. Tangerang

Kota tetangga Jakarta justru menduduki peringkat pertama dengan koneksi internet tercepat di Indonesia, yakni dengan koneksi internet sampai dengan 7,8 Mbps.

Selain kota pinggiran seperti Bekasi, Tangerang sudah mendapatkan akses layanan 4G dari beberapa provider. Telkomsel pun tak mau kalah dengan melakukan penambahan lokasi jangkauan jaringan Telkomsel 4G yang tersebar di beberapa titik di Tangerang.

Layanan 4G yang beredar di wilayah Tangerang ini digelar di frekuensi 900MHz dengan lebar pita sebesar 5MHz, yang memiliki kecepatan akses data mencapai 36 Mbps.

Penetrasi sinyal 4G LTE ini diklaim dapat menjangkau ke dalam gedung atau rumah untuk wilayah perkotaan dan menjangkau wilayaah yang jauh untuk di luar perkotaan.

(jek/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini