Sukses

iOS 9 Akan Lebih `Berkiblat` ke Apple Watch

Tampilan interface Siri di iOS 9 nantinya akan lebih menyerupai tampilan Siri yang ada di Apple Watch

Liputan6.com, Jakarta - Apple sepertinya memang sudah berencana untuk menghadirkan iOS 9 sebagai sistem operasi anyar yang lebih condong ke sistem operasi untuk Apple Watch.

Seperti yang sudah diketahui, tampilan interface Siri di iOS 9 nantinya akan lebih menyerupai tampilan Siri yang ada di Apple Watch, dengan padanan visualisasi sound wave yang penuh warna dan interaktif.

Namun, selain `mengoprek` tampilan Siri di iOS 9, rupanya Apple juga berencana untuk menggunakan system font baru yang telah lebih dulu hadir di Apple Watch.

Rencana Apple terkait menghadirkan font baru ini karena ingin menghadirkan tampilan yang lebih menyegarkan untuk perangkat iPhone, iPad dan Mac yang berjalan di iOS 9 `Monarch` dan OS X 10.00 `Gala`.

System font terbaru ini akan menghadirkan font Apple Watch yang bernama San Francisco. Nantinya font tersebut akan menggantikan font Helvetica Neue yang sudah lebih dulu hadir untuk iOS 7 pada tahun 2013 dan OS X Yosemite pada tahun lalu.

San Francisco di iOS 9

Alasan Apple menghadirkan font San Francisco adalah karena font tersebut lebih tajam dan enak dibaca. Awalnya, font San Francisco hadir untuk Apple Watch dan diperlihatkan pada September 2014. Font tersebut terlihat apik dan halus di layar Apple Watch yang berukuran 38mm dan 42 mm.

Lebih lanjut, Apple menjelaskan bahwa San Francisco nantinya akan lebih cocok tampil di sistem operasi terbaru yang akan hadir baik untuk perangkat iPhone atau iPad dan juga Mac.

Apple juga mengungkap bahwa pengulikan font terbaru ini justru memakan waktu lebih lama dan membutuhkan testing quality assurance untuk memastikan bahwa font ini memang cocok tampil di iOS 9 dan OS X 10.00 bahkan lewat aplikasi third-party App Store.

Bahkan, beberapa developer aplikasi third-party juga sudah lebih dulu memulai proses redesign aplikasi mereka dengan menghadirkan font San Francisco. Apple akan mengumumkan perubahan font terbaru ini secara resmi di ajang Worldwide Developers' Conference pada Senin, 8 Juni 2015 mendatang.

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.