Sukses

PM Rusia Kepergok Pakai Apple Watch

Medvedev dilaporkan kepergok mengenakan smartwatch besutan Apple tersebut saat menemui Presiden Vladimir Putin.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak harmonisnya hubungan antara Rusia dan Amerika Serikat (AS) ternyata tak menghalangi Perdana Menteri (PM) Rusia, Dmitry Medvedev, untuk membeli Apple Watch.

Medvedev dilaporkan kepergok mengenakan smartwatch besutan Apple tersebut saat menemui Presiden Vladimir Putin yang dikenal sebagai salah satu orang yang paling diantisipasi oleh AS.

Seorang jurnalis Rusia, Dmitry Smirnov, adalah orang pertama yang menyadari hal itu. Ia melihat Medvedev mengenakan Apple Watch Sport dengan bingkai space grey dan band (tali jam tangan) berwarna hitam. Smirnov pun mengabadikan momen pertemuan antara Medvedev dan Putin itu, lalu menyebarkannya via Twitter.

Laman Business Insider, Jumat (22/5/2015), melaporkan bahwa `tertangkap basahnya` Medvedev yang menggunakan Apple Watch mengundang kontroversi dari masyarakat Rusia. Ada dua alasan kuat mengapa tindakan Medvedev itu menjadi kontroversi.

Yang pertama, Apple adalah perusahaan asal AS yang merupakan pesaing utama Rusia di kancah politik dunia. Dan yang kedua, hubungan Rusia dengan Apple sendiri cukup rumit. Banyak dari Anda tentunya masih ingat ketika otoritas Rusia merobohkan monumen Steve Jobs pasca CEO Apple, Tim Cook, mengaku sebagai seorang gay kepada publik.

Selain dua hal itu, Medvedev yang notabene merupakan salah seorang paling berpengaruh di pemerintahan Rusia juga dinilai mengambil resiko besar dengan menggunakan produk komputasi asal AS. Sangat bertolak belakang dengan Putin yang kabarnya sangat menghindari penggunaan perangkat komputasi.

Namun, usut punya usut, ternyata Medvedev memang adalah seorang techno geek yang kerap mengikuti tren teknologi. Ia dikenal aktif menggunakan media sosial Twitter dan juga sempat terlihat memiliki iPad.

Ia juga tampaknya seorang fanboy --sebutan untuk fans Apple. Ya, Medvedev diketahui pernah berkunjung ke Silicon Valley, California, pada tahun 2010, dan ia bertemu pendiri Apple, Steve Jobs. Mereka bahkan berfoto selfie bersama pada kesempatan itu.

(dhi/dew)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini