Sukses

Samsung Digerus Apple di China

Popularitas Samsung di China mulai luntur karena tergerus oleh dominasi perangkat Apple.

Liputan6.com, Jakarta - Popularitas Samsung di China mulai luntur. Menurut studi terbaru dari IDC, pangsa pasar Samsung merosot drastis 53% pada kuartal pertama 2015 dibandingkan tahun 2014. Samsung kini hanya menguasai 9,7% pasar smartphone di China.

Samsung yang sebelumnya berkuasa di China harus rela digerus Apple yang kian gencar berekspansi di negeri tirai bambu. Apple kini menduduki posisi teratas di pasar smartphone China.

Pangsa pasar Apple melonjak 62% pada kuartal pertama 2015. Per April 2015 China tercatat menjadi pasar iPhone terbesar, melampaui Amerika Serikat. Menguatnya Apple di China tak lepas dari laris manisnya penjualan iPhone 6 di negeri tersebut.  

Samsung kini turun ke peringkat empat, bahkan tertinggal dari vendor lokal seperti Xiaomi dan Huawei. Pangsa pasar Xiaomi sendiri di China tumbuh mengesankan yakni naik 42%, sama halnya Huawei tumbuh sebesar 39%.

Merosotnya pengapalan perangkat Samsung bisa jadi karena pada kuartal tersebut Samsung mengumumkan smartphone terbaru andalannya, Galaxy S6. Namun angka penurunan yang cukup besar menurut yang dilansir The Next Web tidak normal.

Pada awal pekan ini Samsung mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengapalkan 10 juta unit smartphone Galaxy S6 yang diluncurkan sekitar sebulan yang lalu. Tidak disebutkan, berapa banyak dari 10 juta unit Galaxy S6 yang dikapalkan tersebut sudah terjual. Sebagai perbandingan, Galaxy S5 terjual 11 juta unit pada bulan pertama sejak dirilis.

IDC juga mencatat bahwa pasar smartphone di China menyusut untuk pertama kalinya sebesar 8%. Hal ini terjadi karena pasar smartphone sekarang mulai "jenuh".

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.