Sukses

4 Cara Praktis Menghemat Baterai Apple Watch

Berikut 4 cara mudah menghemat baterai smartphone tanpa harus mengaktifkan mode Battery Safer.

Liputan6.com, Jakarta - Daya tahan baterai masih menjadi kelemahan utama jenis perangkat smartwatch, termasuk Apple Watch. Jam tangan pintar debutan Apple itu diklaim mampu bertahan selama sehari penuh penggunaan normal.

Namun begitu, menurut pengakuan para reviewer, dengan penggunaan berat (penggunaan aplikasi terus menerus disertai kegiatan mutitasking) Apple Watch tak akan mampu bertahan hingga seharian.

Sebenarnya ada satu cara ampuh untuk menghemat baterai Apple Watch, yakni dengan mengaktifkan mode Battery Safer. Sayangnya, dengan mengaktifkan mode penghemat baterai, jajaran fungsi pintar Apple Watch --khususnya yang menggunakan sensor-- tidak akan berfungsi. Dengan begitu, Apple Watch tidak akan ada bedanya dengan sebuah jam tangan biasa.

Nah, daripada Anda mengaktifkan mode penghemat baterai, laman Cnet menawarkan beberapa cara lain untuk menghemat baterai Apple Watch. Anda penasaran?

Berikut 4 cara mudah menghemat baterai smartphone tanpa harus mengaktifkan mode Battery Safer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

NEXT

1. Jangan gunakan wallpaper dengan animasi gerak

Apple Watch memang dilengkapi sejumlah wallpaper dengan animasi gerak yang sangat bagus. Namun patut diingat, animasi gerak sangat menguras daya tahan baterai.

2. Kurangi tingkat kecerahan layar

Mengurangi tingkat kecerahan layar adalah cara menghemat baterai yang paling bijak. Toh, kualitas layar Apple Watch sudah cukup bagus. Yang artinya, tampilan pada layar masih dapat dilihat dengan sangat baik meski di bawah terik matahari.

3. Kurangi motion pada antarmuka

Antarmuka Apple Watch sangat interaktif dan banyak di antaranya yang dilengkapi kemampuan motion atau bergerak. Namun kemampuan tersebut dapat dinonaktifkan untuk menghemat daya baterai.

4. Gunakan mode grayscale

Mode ini mengubah tampilan penuh warna cerah di Apple Watch menjadi hanya hitam putih. Tidak masalah bukan, selama fitur-fitur pintarnya masih bisa digunakan.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.