Sukses

iOS 9 Dipastikan Bakal Kebal Jailbreak

iOS 9 diklaim akan anti terhadap jailbreak, bagaimana pendapat Anda?

Liputan6.com, Jakarta - Sistem operasi (OS) terbaru Apple untuk perangkat iPhone dan iPad, iOS 9, akan hadir dalam waktu dekat. Dan kabarnya, OS mobile generasi anyar ini kebal terhadap jailbreak.

Sebelumnya, sistem operasi iOS 8 telah lebih dulu mencuri perhatian pengguna iOS yang jahil ingin `mengoprek` sistem operasi ini dengan jailbreak. Ya, fenomena ini memang sudah menjamur jauh lebih dulu sebelum iOS 8 meluncur.

Lewat jailbreak, iOS akan mampu melakukan hal-hal yang semestinya tidak boleh dilakukan. Dengan kata lain, ini adalah aksi ilegal dimana pada dasarnya Anda dapat memodifikasi perangkat iOS agar bisa menjalankan aplikasi dan fitur yang tidak diijinkan oleh perusahaan.

Contohnya, seperti memiliki aplikasi berbayar secara gratis, mengkustomisasi user interface iOS, dan masih banyak lagi. Jailbreak bisa dibilang sebuah `pesta pora` para hacker yang iseng dan ingin cara mudah dengan mengakali perangkat iOS-nya untuk di-hack.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah nantinya iOS 9 bisa melakukan jailbreak sama halnya dengan sistem operasi sebelumnya? Jawabannya adalah tidak.

Laman Ubergizmo, Selasa (25/5/2015) melaporkan bahwa terdengar kabar nantinya iOS 9 didesain akan kebal terhadap jailbreak.

Pihak Apple memang sudah lama mencoba mengakali OS mobile besutannya agar tidak bisa menembus akses jailbreak. Bahkan, dikabarkan bahwa Apple sedang merencanakan untuk mengembangkan sistem security baru, baik untuk perangkat iOS dan Mac.

Sistem security tersebut diberi nama `Rootless`, yang nanti akan berfungsi sepenuhnya untuk mencegah malware dan jailbreak di iOS 9.

Dengan hadirnya Rootless, dipastikan iOS 9 akan kebal terhadap jailbreak. Sepertinya ini akan menjadi mimpi buruk bagi para pengguna jailbreak, karena Rootless dipastikan bakal memberikan kekebalan 99 persen terhadap iOS 9 agar tidak dapat di-jailbreak. 

(jek/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini