Sukses

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Seputar Android M

Berikut adalah 4 hal terkait sistem operasi Android M yang kabarnya sudah beredar luas.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti yang telah diwartakan sebelumnya, Google akan meluncurkan update sistem operasi Android terbarunya di ajang Google I/O yang rencananya akan berlangsung pada akhir Mei mendatang di San Francisco, Amerika Serikat.

Seri terbaru sistem operasi Android ini akan diberi kode nama Android `M` dan diyakini bakal menerima pembaruan besar-besaran, baik dari segi antarmuka maupun kinerja.

Berikut adalah 5 hal terkait sistem operasi Android M yang kabarnya sudah beredar luas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1

1. Akan dipamerkan pada gelaran Google I/O 2015

Google dirediksi akan memperkenalkan sistem operasi (OS) Android terbarunya di konferensi developer Google I/O yang akan digelar pada 28 Mei 2015 mendatang di San Fransisco, Amerika Serikat.

Perkenalan Android M ini diketahui dari jadwal acara I/O 2015 yang tampaknya tidak sengaja dirilis oleh Google. Dalam keterangan yang diposting itu, tertulis ‘Android for Work Update’. Namun sesi ‘Android for Work Update’ yang dirilis Google tidak bertahan lama. Karena perusahaan segera menghapusnya dari jadwal Google I/O.

3 dari 6 halaman

2

2. Android M: Android `Macadamia Nut Cookie`?

Google memang gemar merilis sistem operasi Android-nya dengan nama yang dimulai dari huruf alfabet secara berurutan dan memberi nama sistem operasinya berdasarkan dari referensi cemilan manis dan hidangan penutup.

Untuk sistem operasi terbaru Android yang masih diberi kode `Android M` ini belum diketahui nama resminya. Namun kabar terakhir mengungkapkan bahwa sitem operasi Android terbaru yang akan diumumkan pada ajang Google I/O nanti akan memiliki kode `MNC`, yakni Macadamia Nut Cookie.

4 dari 6 halaman

3

3. Punya fitur `Voice Access`

Fitur ini diperkirakan akan sangat menarik perhatian karena memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan perangkat tanpa harus menyentuhnya sama sekali.

Voice Access akan menyediakan perintah suara pada aplikasi yang dibuat oleh developer pihak ketiga, sehingga nantinya aplikasi-aplikasi yang terdapat pada perangkat dapat dinavigasi hanya dengan suara, tanpa perlu menyentuh layar.

5 dari 6 halaman

4

4. Mendukung sensor sidik jari

Terdengar rumor bahwa Android M akan dibekali fitur terbaru, yakni fitur native fingerprint authentication. Dengan hadirnya fitur fingerprint yang akan disematkan di Android M, nantinya para pengguna Android dapat melakukan log in ke aplikasi yang ter-install tanpa harus memasukkan password terlebih dahulu.

6 dari 6 halaman

5

5. Mendukung platform otomotif

Generasi terbaru Android yang diberi nama Android M ini tak hanya digunakan pada smartphone dan tablet, tetapi juga digunakan sebagai sistem operasi pada fitur hiburan kendaraan. Melalui sistem operasi Android yang terpasang pada kendaraan, pengguna dapat mengakses beberapa aplikasi yang ada pada smatphone mereka menggunakan layar besar yang terdapat pada mobil.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini