Sukses

Ecocapsule, Rumah Mini Canggih Bertenaga Angin

Siapa bilang rumah kecil tidak layak ditempati? Sebaiknya Anda simak dulu sisi dalam rumah mini ini

Liputan6.com, Jakarta Rumah yang kecil bukan berarti tidak layak ditempati. Kali ini, Anda akan terperangah melihat uniknya sebuah rumah mini canggih buatan arsitek asal Bratislava, Slovakia.

Ya, rumah tersebut diberi nama Ecocapsule, sesuai dengan bentuknya yang lucu ala kapsul mini lengkap dengan baling-baling di bagian atap rumah tersebut.

Laman Ubergizmo, Rabu (27/5/2015),  melansir bahwa Ecocapsule dirancang untuk orang yang sedang backpacking atau bahkan kamping. Disitulah fungsi rumah kapsul ini menjadi tempat akomodasi bagi yang ingin beristirahat ketika sedang melakukan aktifitas outdoor.

Konsep Ecocapsule sendiri pada awalnya ingin menghadirkan rumah mini dengan desain interior yang bisa terbilang `mewah`. Jika dilihat ke dalam, interior rumah kapsul ini terlihat minimalis namun tetap elegan dan penuh dengan sentuhan kemewahan.

Ecocapsule, Rumah Mini Canggih Bertenaga Angin

Ecocapsule memiliki teknologi yang sengaja dirancang agar dapat memperlihatkan sebuah bangunan `self-sustaining` dilengkapi dengan teknologi pod powers yang mengambil tenaga angin dan juga tenaga surya.

Ini artinya, jika Anda menginap di Ecocapsule maka Anda harus memastikan bahwa rumah mini ini berada di lingkungan yang cukup dengan sumber daya tenaga surya dan angin.

Ecocapsule, Rumah Mini Canggih Bertenaga Angin

Ecocapsule, Rumah Mini Canggih Bertenaga Angin

Rumah ini dilengkapi dengan turbin angin 750W dan panel solar cell 2.6 meter persegi. Jika ternyata nantinya rumah ini tidak mampu mengambil tenaga angin dan surya karena rendahnya cahaya matahari atau tidak adanya angin di tempat tersebut, jangan khawatir, karena Ecocapsule masih dilengkapi dengan sebuah baterai berkapasitas 9,774Wh yang dapat memastikan rumah ini tetap menyala dan mengaktifkan rainwater system dimana nantinya Anda dapat langsung meminum air yang keluar dari ledeng rumah ini.

Ecocapsule sejauh ini sudah mencapai perampungan proses prototipe dan direncanakan akan dipamerkan pada festival Pioneer di Austria pada 28 Mei mendatang. Unit rumah kapsulnya sendiri akan dipasarkan pada akhir tahun.

(jek/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.