Sukses

Seniman Jual Foto Instagram Seharga Rp 1,1 Milyar Tanpa Izin

Seorang seniman asal New York menjual foto orang lain di Instagram seharga US$ 90 ribu atau sekitar Rp 1,1 milyar tanpa izin.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang seniman asal New York, Amerika Serikat menjual foto orang lain di Instagram seharga US$ 90 ribu atau sekitar Rp 1,1 milyar tanpa meminta izin kepada yang bersangkutan (pemilik aslinya).

Seniman bernama Richard Prince tersebut hanya mengambil sejumlah posting-an dari aplikasi berbagi foto populer tersebut dan mencetaknya ke dalam ukuran besar.

Dalam pameran terbarunya, Prince memamerkan 37 foto yang diambil dari Instagram orang lain - tanpa bertanya kepada sang pemilik asli apakah mengizinkannya untuk dipamerkan atau tidak.

Beberapa foto sudah dipamerkan pada akhir 2014, dan baru-baru ini ada yang dijual di pameran Frieze Art Fair, New York dengan nilai US$ 90 ribu atau sekitar Rp 1,1 milyar.

Salah satu foto yang dijual adalah foto seorang wanita bernama Doe Deere. Ia tahu hasil karyanya dipajang oleh Prince ketika teman-temannya melihat pameran tersebut.


Ia mengatakan kepada para follower Instagram-nya bahwa Prince tidak meminta izin untuk menggunakan fotonya di pameran itu.

"Ya, potret saya ditampilkan di Frieze Gallery, New York. Itu hanya screenshot (bukan lukisan) dari posting-an asli saya. Saya tidak memberikan izin kepada Richard Prince untuk memajangnya di pameran. Ini sudah dijual (US$ 90 ribu, saya sudah diberitahu)," tulis pemilik akun @doedeere.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini