Sukses

3 Fitur Instan Untuk Memudahkan Pencarian di Google

Berikut 3 fitur instan yang dapat memudahkan pencarian Anda di Google App.

Liputan6.com, Jakarta - Google App memang sudah hadir lebih dulu di smartphone. Namun, tahukah Anda bahwa aplikasi mesin pencari ini memiliki tiga fitur instan yang bisa mempermudah Anda dalam mencari hal-hal yang diinginkan?

Ketiga fitur tersebut adalah Answer, Converse dan Anticipate. Sebagian dari Anda mungkin sudah tahu lebih dulu ketiga fitur ini. Ketiga fitur ini sangat praktis dan menjadi sebuah tool instan yang dibuat Google untuk mengubah perilaku para netizen di masa kini.

Di acara kampanye "Tanya Aja Google App" yang digelar Kamis (28/5/2015), Sandy Tantra selaku Consumer Marketing Manager Google Indonesia menjelaskan bahwa ketiga fitur ini hadir di Google App karena memang didasari atas obsesi Google terhadap penggunanya untuk menemukan cara yang praktis, cepat dan relevan untuk keperluan sehari-hari. Berikut penjelasan ketiga fitur tersebut.

>>> Selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Answer

1. Answer

Fitur Answer merupakan salah satu fitur paling umum yang digunakan para penggunanya. Dengan mengetik sebuah query, maka result yang dihadirkan adalah sebuah knowledge graph, yang merangkum semua informasi serta jawaban bagi para penggunanya.

Contohnya, ketika Anda mengetik query "tempat wisata di Semarang", maka result yang dihasilkan adalah knowledge graph gambar tempat-tempat wisata Semarang, serta tautan informasi situs yang berkaitan tempat wisata Semarang. Sangat praktis dan mudah.

>>> Selanjutnya

3 dari 4 halaman

Converse

2. Converse

Fitur Converse memungkinkan Anda untuk menggunakan voice command dan Anda tidak perlu lagi repot-repot mengetik query. Fitur ini cocok bagi orang yang bekerja secara mobile dan tidak sempat mengetik ketika menggunakan mesin pencari Google.

Maka dari itu, fitur Converse dapat membuatmu untuk menggunakan voice command, hanya dengan memulai "OK Google" setelah itu Anda dapat langsung bertanya.

Menariknya, fitur Converse disini sudah bisa menggunakan bahasa Indonesia, bahkan sudah dapat membaca bahasa slang Indonesia yang kerap digunakan dalam sehari-hari. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot berbicara baku agar Google bisa mendeteksi maksud pertanyaan atau permintaan Anda.

Hadirnya fitur ini memang sudah menjadi dasar pemikiran Google sebagai salah satu cara untuk mengubah perilaku salah satu para penggunanya, khususnya di negara berkembang dimana smartphone menjadi perangkat satu-satunya untuk mengakses internet.

>>> Selanjutnya

4 dari 4 halaman

Anticipate

3. Anticipate

Kalau biasanya Google Search lebih berfokus ke input pencarian, fitur Anticipate justru hanya lebih berfokus ke output, setelahnya menghadirkan search result yang sesuai dengan behavior dan karakteristik para penggunanya.

Tentunya untuk mengakses fitur ini, Anda harus log in lebih dulu dengan menggunakan akun Gmail.

Setelah log in, Anda akan dihadirkan dengan sederet Google Now Cards yang menghadirkan informasi sesuai dengan karakteristik Anda, entah itu informasi terkait reminder, public transit, display mengenai musik, buku, acara TV dan video game.

Tentunya fitur ini menjadi salah satu tool assistive yang memudahkan penggunanya melakukan interaksi pencarian dengan mudah dan sesuai yang diinginkan.

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini