Sukses

Android M Bakal Dibekali Opsi Tampilan Tema

Sistem operasi terbaru Android M dikabarkan bakal punya dua pilihan tema Light dan Dark

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda mencoba menggunakan smartphone Anda di ruang gelap dengan background tampilan tema white/light? Pasti Anda akan langsung pusing dikarenakan layar memancarkan cahaya yang terlalu menyolok.

Oleh karena itu, banyak aplikasi reading apps di perangkat Android yang menghadirkan fitur night mode agar tidak membuat mata Anda sakit karena brightness layar putih yang tampil pada smartphone.

Hal itu nampaknya akan dikabulkan oleh sistem operasi terbaru Android M. Dikabarkan, bahwa salah satu fitur terbaru yang akan hadir di Android M nanti adalah menghadirkan kustomisasi perubahan tema dark dan light.

Laman Ubergizmo, Jumat (29/5/2015) melansir bahwa hal ini terungkap lewat developer preview Android M yang diperlihatkan pada ajang Google I/O 2015.

Ada beberapa opsi yang dapat menggantikan tampilan tema di perangkat Android Anda. Nantinya, para pengguna dapat mengaktifkan opsi developer. Setelah mengaktifkan opsi tersebut, mereka bisa memilih tampilan tema Light, Dark, atau bahkan tema Automatic.

Screenshot Tema Light dan Dark Android M

Kedua pilihan tema pertama, Light dan Dark memang sudah dijelaskan lebih dulu bisa diganti tergantung preferensi para penggunanya nanti. Namun, yang menjadi daya tarik fitur ini adalah tema terakhir yang hadir, yakni Automatic.

Tema Automatic disini dapat membuat perangkat Android Anda untuk melakukan pengaturan screen brightness secara otomatis. Jadi, ketika Anda berada di tempat yang terlalu terang atau terlalu gelap, maka tema tampilan perangkat Android Anda akan langsung berubah secara otomatis.

Namun, update terakhir sampai saat ini adalah setting tema Automatic tersebut masih belum bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Pihak Google pun belum mengungkap apakah fitur ini masih belum disempurnakan ataupun masih terdapat beberapa bug. 

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.