Sukses

Asyik, Google Cardboard Juga Bisa Dipakai di iPhone

Google Carboard kini juga sudah bisa digunakan dengan perangkat iPhone.

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit perusahaan yang sedang mengembangkan headset VR (virtual reality) untuk membuat sebuah perangkat canggih namun hadir dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Pun begitu, nampaknya Google memiliki pendekatan yang unik dan berbeda dalam mengembangkan perangkat VR-nya.

Tahun lalu, Google memang mengumbar Cardboard sebagai virtual reality viewer-nya. Namun pada tahun ini di ajang I/O 2015, Google akhirnya mengumumkan versi terbaru Google Cardboard yang juga dapat mendukung konektivitas untuk perangkat iPhone. Demikian dilansir laman Ubergizmo, Jumat (29/5/2015). 

Sama seperti seri pendahulunya, Google Cardboard terbaru ini memiliki kontroler magnetik yang tersemat di dalam perangkatnya. Perangkat ini pun juga dirancang agar bisa mendukung smartphone berlayar besar sampai dengan 6 inci.

Dengan support konektivitas iPhone, Google pun juga telah merilis aplikasi Cardboard VR khusus untuk sistem operasi iOS. Jadi, para pengguna iPhone bisa menggunakan aplikasi ini berikut bersamaan dengan perangkat Cardboard-nya untuk menikmati koleksi tampilan 3D yang ada di aplikasi tersebut.

Penampakan tampilan 3D Google Cardboard

Google Cardboard menjadi salah satu perangkat headset VR yang ternyata memiliki harga yang cukup terjangkau untuk kelasnya.

Meskipun hadir dengan desain yang sederhana dan dibalut dengan kemasan kardus, perangkat ini tetap mengedepankan teknologi virtual reality agar dapat dinikmati semua kalangan.

Pada ajang Google I/O 2015, terungkap bahwa Cardboard pun juga digunakan oleh institusi pendidikan dalam kegiatan "Google Expeditions", dimana para pelajar bisa menggunakan perangkat ini agar bisa melakukan `field trip` tanpa harus meninggalkan ruangan kelas.

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini