Sukses

Mengenal 4 Sistem Operasi Android Andalan Google

Android memang kini bukan sekedar sistem operasi untuk smartphone atau tablet semata.

Liputan6.com, Jakarta - Pada gelaran Google I/O 2015 yang saat ini tengah berlangsung di Moscone Center San Fransisco, California, Senior VP Google Sundar Pichai membuka acara dengan mengumumkan berbagai pencapaian Google. Salah satu fokus utama yang ia bahas adalah terkai perkembangan ekosistem sistem operasi Android.

"Android adalah sistem operasi untuk berbagai skala. Tidak hanya untuk perangkat mobile, Android juga berjalan di berbagai jenis platform," papar Pichai.

Android memang kini bukan sekedar sistem operasi untuk smartphone atau tablet semata. Namun Android juga tersedia untuk jenis perangkat lain seperti jam tangan pintar, TV, bahkan mobil sekalipun.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 4 jenis sistem operasi Android yang akan diandalkan Google dalam menguasai pasar sistem operasi dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Android M

1. Android M

Android M adalah update sistem operasi mobile terbaru dari Google. Di gelaran Google I/O kali ini, VP Engineering Android Dave Burke menjelaskan bahwa Android M adalah sebuah pembaruan besar-besaran, baik dari segi antarmuka maupun kinerja.

Versi developer untuk Android M sendiri sudah dipamerkan pada Google I/O 2015. Android M memiliki beberapa fitur baru seperti Voice Access, sensor sidik jari, serta kustomisasi perubahan tema dark dan light.

3 dari 5 halaman

Android Wear

2. Android Wear

Android Wear adalah sistem operasi khusus untuk jenis perangkat smartwatch. Google memulai Android Wear pada gelaran Google I/O 2014 kemarin dengan memamerkan dua produk, yakni Samsung Galaxy Gear dan Motorola Moto 360.

Kini Android Wear sudah diadopsi oleh 7 produk smartwatch. Dan tahun ini diperkirakan akan semakin banyak produk jam tangan pintar berbasis Android Wear.

4 dari 5 halaman

Android Auto

3. Android Auto

Sistem operasi inovatif ini juga pertama kali diperkenalkan pada Google I/O 2014. Dan kini, Hyundai telah resmi menjadi produsen mobil pertama yang mengadopsi sistem operasi Android Auto. Sistem operasi yang menangani platform hiburan beserta antarmuka komputasi pada mobil itu ditanamkan Hyundai pada seri Sonata 2015 yang sudah dipasarkan di Amerika Serikat.

Selain Hyundai, General Motors dan VW akan menyusul mobil bersistem operasi Android Auto mereka pada awal 2016. Google total sudah mengikat kerjasama dengan 35 pabrikan otomotif.

5 dari 5 halaman

Android TV

4. Android TV

Android TV juga sudah diperkenalkan sejak tahun lalu. Saat ini ada dua pabrikan, yakni Sony dan Sharp yang memasarkan produk Android TV di pasar Amerika Serikat. Untuk pasar Eropa, Google bekerjasama dengan Philips.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini