Sukses

XL Prediksi Trafik Komunikasi Naik 30% pada Mudik Tahun Ini

PT XL Axiata Tbk (XL) memperkirakan lonjakan trafik yang terjadi di musim mudik tahun ini akan mencapai 30%.

Liputan6.com, Malang - Bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu momen penting bagi umat muslim di Indonesia, termasuk operator telekomunikasi. PT XL Axiata Tbk (XL) pun bersiap diri menghadapi lonjakan trafik komunikasi yang akan terjadi saat Ramadhan dan Lebaran tahun ini.

Perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di Tanah Air itu memperkirakan lonjakan trafik yang terjadi di musim mudik tahun ini akan mencapai 30%. Hal itu diungkap lansung oleh Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini sewaktu melakukan teleconference dengan awak medua yang berada di Bukit Tinggi, Semarang, Malang dan Banjarmasin.

Wanita yang mengawali karir sebagai engineer tersebut memaparkan bahwa trafik harian yang ditangani XL sekarang mencapai 470 juta menit per hari untuk panggilan suara, 525 juta sms per hari dan 500 terabytes setiap harinya untuk layanan data. Di bulan Ramadan dan Lebaran diperkirakan akan terjadi peningkatan trafik panggilan suara 10-15%, SMS 10-15% dan layanan data sekitar 20-30%.

"Kenaikan trafik komunikasi relatif merata antara satu kota dengan kota yang lain di pulau Jawa. Sementara di luar Jawa, kenaikan trafik yang signifikan biasanya terjadi di Lampung, Sumatera Barat dan Bangka dengan rata-rata kenaikan sebesar 13 persen," ungkapnya di Jakarta.

Lebih lanjut, ia menyebutkan peningkatan lalu lintas layanan data diperkirakan bakalan lebih tinggi daripada layanan lain karena adanya perubahan perilaku pelanggan komunikasi Tanah Air yang kian aktif memakai layanan mediasosial. Bahkan, perubahann tren ke layanan data disebutkan Dian sudah meluas ke pelosok.

XL sendiri membuktikan layanan komunikasi yang disediakannya mampu meenghadrapi lonjakan lalu lintas komunikasi di bulan Ramadhan dan Lebaran dengan melakukan uji kesiapan jaringan. Kali ini, uji kualitas dilakukan secara serentak di wilayah operasional Sumatera Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Kalimantan Selatan.

Dian mengakui layanan telekomunikasi melonjak di musim mudik lebaran tak hanya terjadi di pulau Jawa tapi juga berbagai wilayah lain.

"Oleh karena itu kami melakukan uji jaringan di lima wilayah sekaligus memastikan bahwa jaringan kami di seluruh pelosok juga siap menyambut Ramadhan dan Lebaran," tandas Dian.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.