Sukses

Berapa Harga Canon EOS 5Ds dan EOS 5DsR?

PT. Datascrip baru saja melempar dua kamera DSLR kelas premium beresolusi 50,6 megapiksel, EOS 5Ds dan EOS 5DsR.

Liputan6.com, Jakarta - Canon melalui PT. Datascrip baru saja melempar dua kamera DSLR kelas premium beresolusi 50,6 megapiksel, EOS 5Ds dan EOS 5DsR ke pasar Indonesia.

Kedua kamera anyar tersebut masing-masing dipasarkan dengan harga Rp 55 juta untuk EOS 5Ds dan Rp 58 juta untuk EOS 5DsR. Harga tersebut tidak dipaket dengan lensa alias body only.

"Kamera DSLR kelas profesional memang tidak kami paketkan dengan lensa (bodi kit). EOS 5Ds dan EOS 5DsR dijual body only, sama seperti seri premium lainnya yaitu EOS 1Dx," kata Yase Defirsa Cory, Marketing Manager Division pt. Datascrip di Jakarta, Sabtu (30/2/2015).

Meskipun harga yang dipatok terbilang tinggi, lanjut Yase, sudah banyak fotografer yang memesannya. Pada sesi penjualan pertama sebanyak 50-60 unit, 40 persen diantaranya sudah dipesan. Baik EOS 5Ds dan EOS 5DsR, katanya, akan tersedia di pasaran pada pertengahan Juni 2015.

"Kedua kamera ini menargetkan para fotografer yang membutuhkan kamera beresolusi tinggi dan detail. Secara kecepatan, EOS 5Ds dan EOS 5DsR setara dengan EOS 6D dan EOS 5D Mark III. Namun untuk resolusi, kedua kamera DSLR anyar tersebut menang jauh," tambah Yase.

Secara fisik, keduanya tampak identik, di mana layar LCD yang tertanam di bagian belakang sama-sama berukuran 3,2 inci dengan 1,04 juta dots.

Yang membedakan adalah EOS 5DsR dilengkapi low-pass filter (LPF) Effect Cancellation untuk menghasilkan gambar yang lebih tajam dan detail untuk pengambilan foto landscape.

Sedangkan EOS 5Ds dipersenjatai Optical LPF yang mampu meminimalisir tampilan distorsi yang tidak dinginkan atau efek moire.

Di luar dari itu, keduanya sama-sama ditopang sensor 50,6 MP, prosesor dual DIGIC 6, sensor metering RGB+IR 150K piksel dengan 252 area, dua slot kartu SD/CF, intervalometer, bulb timer, dan time-lapse movie creation.

Ditambah rentang ISO 100 hingga 6400, burst rate hingga 5 frame per detik, autofokus 61-titik, shutters rated hingga 150.000 kali, dan bodi magnesium alloy yang diklaim tahan cuaca.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini