Sukses

Canon Targetkan Jual 200 Unit EOS 5Ds dan EOS 5DsR Tahun Ini

Canon menargetkan penjualan 200 unit kamera EOS 5Ds dan EOS 5DsR hingga akhir tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun harga yang dibanderol pada kedua kamera Digital Single-lens Reflex (DSLR) anyar tersebut terbilang tinggi, namun Canon optimis pihaknya dapat mencapai target penjualan yang dipatok hingga akhir tahun ini.

Yase Defirsa Cory, Marketing Manager Division pt. Datascrip selaku distributor tunggal Canon di Indonesia, mengatakan bahwa pihaknya menargetkan penjualan 200 unit kamera EOS 5Ds dan EOS 5DsR hingga akhir tahun ini.

"Meski harganya terbilang mahal bagi sebagian orang, namun pada sesi penjualan perdana sebanyak 50-60 unit, 40 persen diantaranya sudah dipesan oleh sejumlah fotografer profesional," papar Yase ketika ditemui tim Tekno Liputan6.com di Ballroom Djakarta Theater, Jakarta.

Kedua kamera anyar tersebut masing-masing dipasarkan dengan harga Rp 55 juta untuk EOS 5Ds dan Rp 58 juta untuk EOS 5DsR. Harga itu tidak dipaket dengan lensa alias body only.

"Kamera DSLR kelas profesional memang tidak kami paketkan dengan lensa (bodi kit). EOS 5Ds dan EOS 5DsR dijual body only, sama seperti seri premium lainnya yaitu EOS 1Dx," tambah Yase

Dari kedua kamera beresolusi tinggi tersebut, Yase mengungkap bahwa seri EOS 5DsR paling banyak menarik perhatian sejumlah fotografer profesional Tanah Air. Hal itu dikarenakan kamera ini dilengkapi low-pass filter (LPF) Effect Cancellation untuk menghasilkan gambar yang lebih tajam dan detail.

"Pun demikian, fitur tersebut tak serta merta dibutuhkan oleh semua fotografer. Ada juga fotografer yang membutuhkan fitur Optical LPF pada EOS 5Ds, dimana mampu meminimalisir tampilan distorsi yang tidak dinginkan atau efek moire," pungkasnya.

Dari segi spesifikasi, EOS 5Ds dan EOS 5DsR sama-sama ditopang sensor 50,6 MP, prosesor dual DIGIC 6, sensor metering RGB+IR 150K piksel dengan 252 area, dua slot kartu SD/CF, intervalometer, bulb timer, dan time-lapse movie creation.

Ditambah rentang ISO 100 hingga 6400, burst rate hingga 5 frame per detik, autofokus 61-titik, shutters rated hingga 150.000 kali, dan bodi magnesium alloy yang diklaim tahan cuaca.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.