Sukses

Ragunan Zoo, Aplikasi Kebun Binatang Ragunan

Liputan6.com, Jakarta - Di era smartphone seperti sekarang ini, banyak orang lebih sering mengakses informasi lewat perangkat genggam miliknya. Tak heran jika ada banyak aplikasi bermunculan, salah satunya aplikasi Ragunan Zoo yang dibuat oleh Sandy Colondam.

Aplikasi Ragunan Zoo adalah aplikasi mobile edutainment Taman Margasatwa Ragunan berbasis Android. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pengunjung mendapatkan informasi tentang binatang, info jadwal atraksi binatang, peta digital area kebun binatang, games interaktif, serta berbagai fasilitas yang ada di area kebun binatang. 

Sandy Colondam sendiri merupakan seorang developer muda yang juga pemenang kontes inovasi aplikasi wireless Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) yang diadakan rutin setiap tahun oleh Indosat. Sandy sudah lima kali memenangkan kontes itu. Sandy kini membangun startup sendiri di bidang aplikasi komersial bernama PT Inovidea Magna Global.

President Director & CEO Indosat, Alexander Rusli mengatakan aplikasi ini merupakan bentuk dukungan Indosat untuk memberikan fasilitas edutainment secara digital, dalam mempelajari ragam fauna yang sangat kaya. Alex berharap masyarakat semakin tertarik untuk berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan.

"Aplikasi ini juga kami tujukan untuk mendukung program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menciptakan Jakarta sebagai Kota Cerdas atau Smart City di Indonesia, dengan mengoptimalkan peran teknologi informasi dan komunikasi sebagai enabler," ujar Alex lagi.

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), Indosat menyerahkan aplikasi tersebut kepada Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Peluncuran sekaligus serah terima dilakukan oleh Alexander Rusli kepada Kepala Kantor Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Bambang Triana di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta.

Bambang berharap hadirnya aplikasi Ragunan Zoo akan semakin meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung ke kebun binatang, sehingga Taman Margasatwa Ragunan menjadi salah satu tujuan wisata konservasi, edukasi, dan alam, yang diperhitungkan oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Para pengunjung dapat menikmati aplikasi ini dengan menggunakan operator manapun melalui smartphone berbasis Android. Anda dapat mengunduh aplikasi Ragunan Zoo melalui toko aplikasi Google Play Store secara gratis. Aplikasi ini menyediakan fasilitas dwi-bahasa sehingga wisatawan mancanegara juga dapat menggunakannya.

Ke depannya aplikasi ini akan dikembangkan untuk kebun binatang lainnya di Indonesia sehingga pemanfaatkan teknologi ICT, khususnya untuk aplikasi edutainment kebun binatang, dapat dinikmati masyarakat Indonesia dan wisatawan mancanegara lebih luas.

(dew)

Artikel Selanjutnya
Pagi dengan Mengenang Masa Indah di Kebun Binatang Surabaya
Artikel Selanjutnya
7 Tempat Liburan Keluarga Terbaik di Bogor untuk Akhir Pekan Seru