Sukses

Mengenal Sosok Pendiri Situs Jual Beli Narkoba Online `Silk Road`

Ross William Ulbricht adalah nama lengkapnya, putra dari pasangan Lyn and Kirk Ulbricht yang kini tinggal di Kosta Rika.

Liputan6.com, Jakarta - Pengadilan Federal Amerika Serikat tanpa ampun menjatuhi hukuman maksimal penjara seumur hidup kepada Ross Ulbricht, sang pendiri Silk Road, situs jual beli narkoba online ala "e-Bay".

Baca juga: Pemilik Situs Toko Narkoba Online Divonis Penjara Seumur Hidup

Siapakah sebenarnya Ulbricht?

Ross William Ulbricht adalah nama lengkapnya. Pria yang kini berusia 30 tahun itu adalah putra dari pasangan Lyn and Kirk Ulbricht yang kini tinggal di Kosta Rika. Ulbricht sendiri dibesarkan di Austin, Texas.

Di 2008, ia lulus menyandang gelar Insinyur untuk bidang sel surya dari Pennsylvania State University. Dari seorang insinyur teknik, Ulbricht beralih ketertarikan ke dunia ekonomi.

Ia dikabarkan menjadi penggemar berat teori konservatif pasar bebas dari Austria School of Economics. Dan hal itu pula yang diyakini memicu Ulbricht untuk membangun Silk Road, sebuah platform pasar bebas di dunia maya.

Ulbricht memulai Silk Road pada 2010 dan mulai aktif beroperasi di area deep web di 2011. Di 2013, keberadaannya tercium FBI dan situsnya sempat diblokir. Namun pada penghujung 2013, tepatnya bulan November, Ulbricht meluncurkan situs Silk Road baru.

FBI pun gerah. Tepat setahun beroperasi, Silk Road kembali ditutup dan pada awal 2015, Ulbricht ditangkap dan diadili di Pengadilan Federal Amerika Serikat, di Manhattan.

FBI meyakini Ulbrich dapat menghasilkan US$ 20.000 dalam bentuk Bitcoin per harinya dari transaksi yang terjadi di Silk Road.

Baca juga: Pemilik Situs Jual Beli Narkoba Online Tidak Pantas Dihukum?

Sudah lama tertarik narkoba

Ulbricht kabarnya memang sudah cukup lama tertarik dan mengonsumsi narkoba. Dalam pengakuannya, Ulbrich menyatakan bahwa ia pertama kali mencoba narkoba pada masa remaja, khususnya jenis narkoba psychedelic.

Menurut keterangan Nathaniel Popper, penulis buku Digital Gold (membahas kontroversi Bitcoin), sebelum membangun Silk Road, Ulbricht juga pernah berusaha untuk menjadi seorang bandar narkoba.

"Di 2010, Ulbircht menjual rumah kecilnya dan menyewa sebuah kabin di Austin, Texas. Bermodal uang US$ 30.000 ia membeli berbagai perangkat untuk meracik narkoba (jenis mushroom). Laboratorium narkoba itu membuat Ulbrich menjadi seorang pengedar kecil. Tapi ia memiliki visi yang lebih besar, yaitu membangun pasar narkoba online." Demikian seperti yang dikutip dari laman Business Insider.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.