Sukses

Nintendo NX Dipastikan Tidak Akan Mengadopsi OS Android

Nintendo sedang merencanakan untuk mengadopsi Android sebagai sistem operasi resmi yang nantinya akan berjalan di Nintendo NX.

Liputan6.com, Jakarta - Rumor terkait kabar konsol terbaru Nintendo, Nintendo NX, kembali menyeruak. Rumor tersebut mengabarkan bahwa nantinya para gamer bisa memainkan konsol Nintendo NX dengan memakai sistem operasi Android.

Laman Gamespot, Rabu (3/6/2015), melansir bahwa sebelumnya rumor tersebut telah terdengar tak lama ketika Nintendo mengumumkan rencana mereka mengembangkan konsol terbarunya itu.

Dikabarkan, Nintendo sedang merencanakan untuk mengadopsi Android sebagai sistem operasi (OS) resmi yang nantinya akan berjalan di Nintendo NX.

Lebih lanjut, alasan Nintendo ingin memakai Android sebagai sistem operasi konsolnya nanti adalah karena mereka ingin membuat environment game yang begitu familiar dan sangat `ramah` bagi para penggunanya sehingga menghasilkan pengalaman bermain yang praktis dan nyaman.

Namun, kabar tersebut rupanya langsung dibantah oleh salah satu orang dalam Nintendo. Pihak yang tidak ingin disebutkan namanya tersebut menjelaskan bahwa rumor itu tidaklah benar.

"Kami tidak berencana untuk memakai OS Android sebagai sistem operasi tetap di konsol NX. Tidak pernah terbesit sama sekali rencana tersebut di pihak kami," ungkapnya.

Pihak Nintendo sendiri mengungkap bahwa Nintendo NX masih dalam tahap pengembangan, yang dilakukan sejak Maret 2015.

Namun, CEO Nintendo Satory Iwata mengatakan bahwa Nintendo tidak akan membahas detil lebih lanjut mengenai Nintendo NX di perhelatan E3 2015 pada Juni 2015.

Banyak fans Nintendo yang sudah memprediksi bahwa NX seharusnya diumumkan di E3 2015. Sayangnya, hal ini tidak dikabulkan oleh Nintendo. Pasalnya, pengembangan NX nyatanya masih dalam tahap awal.

"Kami menyebutnya sebagai `konsep baru'. Kami berpikir ini bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan sebagai pengganti 3DS dan Wii U," tutur Iwata.

Selain NX, Iwata juga menyatakan bahwa Nintendo juga tidak akan membahas game smartphone yang akan diluncurkan bersama DeNA dan juga strategi "quality of life" yang diusung Nintendo.

(jek/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.