Sukses

Lakukan Langkah Ini Agar Anak Aman Berinternet

Berikut langkah sederhana yang bisa dilakukan orangtua agar anak aman saat online, langsung dari ahli Kaspersky Lab, Marta Janus.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini Google telah meluncurkan fitur terbaru yang ramah bagi keluarga yaitu tombol `Family` di Google Play Store untuk meningkatkan keamanan online.

Filter yang ditujukan untuk game, aplikasi serta media lainnya di Play Store memungkinkan orangtua menentukan konten mana yang sesuai untuk anak-anak mereka. 

Hal ini merupakan langkah pertama yang penting dalam melindungi generasi millenial muda dari konten yang tidak pantas. Ini adalah fitur yang memungkinkan orangtua menjaga anak-anak mereka agar tetap aman saat menggunakan aplikasi tertentu.

Namun sayangnya, orangtua masih menghadapi risiko bahwa generasi millenial muda saat ini kerap memilih konten yang tidak sesuai dengan usia mereka ketika menggunakan perangkat terkoneksi internet di luar kontrol orangtua.

Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana dari ahli Kaspersky Lab, Marta Janus, yang dapat dilakukan oleh para orangtua untuk menjaga anak-anak aman ketika online.

  • Berbicara kepada mereka tentang potensi bahaya ketika online.

  • Menganjurkan mereka berbicara kepada Anda tentang pengalaman mereka ketika online, khususnya apa pun yang membuat mereka merasa tidak nyaman atau terancam.

  • Menetapkan dasar aturan yang jelas tentang apa yang mereka bisa dan tidak bisa lakukan ketika online dan menjelaskan mengapa Anda memberlakukan hal tersebut kepada mereka. Anda juga harus meninjau ulang kembali aturan ini kepada anak Anda ketika mereka beranjak dewasa.

  • Gunakan perangkat lunak Parental Control untuk membuat batasan mengenai apa saja yang diperbolehkan, berapa lama waktu (dan kapan) yang mereka bisa habiskan untuk online, konten apa saja yang diblokir serta jenis kegiatan apa yang harus diblokir (chat room, forum, dan lain-lain).

    Filter Parental Control dapat dikonfigurasi dengan profil komputer yang berbeda-beda, dan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan filter bagi anak-anak Anda yang berbeda usia.

  • Lindungi komputer Anda dengan menggunakan perangkat lunak keamanan Internet.

  • Jangan lupa dengan smartphone anak Anda. Perangkat ini adalah komputer canggih dan bukan sekadar telepon saja. Kebanyakan smartphone kini disertai dengan kontrol orangtua dan penyedia perangkat lunak keamanan yang dapat menawarkan aplikasi untuk menyaring konten tidak pantas, pengirim pesan SMS gangguan, dan lain-lain.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini