Sukses

Apple Maps Bakal Hadir di Windows dan Android?

Menurut laporan, perusahaan berencana merilis layanan pemetaan Apple Maps untuk kompetitor seperti Windows dan Android.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikenal sangat 'mengunci' layanan-layanannya agar hanya bisa digunakan di perangkat besutannya. Namun menurut laporan terbaru, perusahaan berencana merilis layanan pemetaan Apple Maps untuk kompetitor seperti Windows dan Android.

Menurut yang dilansir Phone Arena, Jumat (5/6/2015), laporan ini pertama kali dirilis oleh laman Apple Insider. Laporan tersebut berasal dari lowongan pekerjaan yang sedang dibuka oleh Apple. 

Perusahaan asal Negeri Paman Sam itu disebut tengah mencari ahli JavaScript untuk menempati posisi 'Maps JavaScript Engineer'. Alhasil muncul dugaan, orang yang akan menampati posisi tersebut adalah kandidat sempurna untuk menghadirkan Apple Maps di web.

Menurut laporan, Apple berencana meluncurkan Apple Maps sebagai sebuah layanan online yang bisa diakses dari browser di berbagai sistem operasi (OS). Sedangkan saat ini, Apple Maps hanya tersedia di perangkat Apple yang menjalankan iOS 6 atau terbaru dan OS X 10.9 Mavericks atau terbaru.

Jika laporan ini akurat, maka Apple Maps tak akan lagi eksklusif untuk para konsumen Apple. Artinya, pengguna Ubuntu, Windows dan Android akan bisa mengakses layanan tersebut.

Kendati demikian, belum ada konfirmasi dari Apple mengenai laporan yang beredar ini. Seperti diketahui, Apple dikenal sebagai perusahaan yang sangat menjaga rahasia atau proyek yang sedang dikerjakan. (din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.