Sukses

Ingin Jadikan Jakarta Kota Pintar, Ahok Minta Dukungan Provider

Ahok mengaku akan menjadikan DKI Jakarta sebagai salah satu kota pintar (smart city).

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku akan menjadikan DKI Jakarta sebagai salah satu kota pintar (smart city).

Untuk merealisasikan hal itu, dirinya berharap mendapatkan dukungan dari para pengusaha provider. Dukungan tersebut diwujudkan dalam beberapa layanan yang dapat diakses masyarakat mengenai informasi kota Jakarta.

Salah satu yang ia contohkan adalah telah diluncurkannya‎ aplikasi mobile edutainment Taman Margasatwa Ragunan (TMR) berbasis Android atau Ragunan Zoo.

Ahok menilai, aplikasi tersebut baik dan perlu didukung karena bisa semakin mempermudah masyarakat yang ingin mengunjungi Kebun Binatang Ragunan.

"Ya kita akan dukung (aplikasi Ragunan Zoo)," ucap Ahok, Jumat (5/6/2015) di Jakarta.

Menurutnya, aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pengunjung memperoleh informasi tentang binatang, info jadwal atraksi binatang, peta digital area kebun binatang, game interaktif, serta berbagai fasilitas yang ada di area kebun binatang.

"Di aplikasi itu, nanti Anda bisa cek ada binatang apa aja, seperti aplikasi di handphone. Ini juga bisa semakin mempermudah masyarakat yang ingin mengunjungi Kebun Binatang Ragunan," sambungnya.

Lebih lanjut, Ahok juga berharap, aplikasi ini bisa terintegrasi dengan smart city yang telah diprogramkan Pemprov DKI. "Saya harap bisa saling melengkapi ya," jelasnya.

Sebelumnya, President Director & CEO Indosat, Alexander Rusli menyatakan aplikasi ini merupakan bentuk dukungan Indosat untuk memberikan fasilitas edutainment secara digital, dalam mempelajari ragam fauna yang sangat kaya.

Alex berharap masyarakat semakin tertarik untuk berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan.

"Aplikasi ini juga kami tujukan untuk mendukung program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menciptakan Jakarta sebagai Kota Cerdas atau Smart City di Indonesia, dengan mengoptimalkan peran teknologi informasi dan komunikasi sebagai enabler," ujar Alex lagi.

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), Indosat menyerahkan aplikasi tersebut kepada Taman Margasatwa Ragunan Jakarta.

Peluncuran sekaligus serah terima dilakukan oleh Alexander Rusli kepada Kepala Kantor Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Bambang Triana di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta, Minggu lalu.

Para pengunjung dapat menikmati aplikasi ini dengan menggunakan operator manapun melalui smartphone berbasis Android. Aplikasi Ragunan Zoo dapat diunduh melalui toko aplikasi Google Play Store secara gratis.

Aplikasi ini menyediakan fasilitas dwi-bahasa (Inggris dan Indonesia) sehingga wisatawan mancanegara juga dapat menggunakannya.‎

(yas/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini