Sukses

Cara Mendeteksi Kotoran yang Tak Terlihat via Smartphone

Ruangan yang terlihat sangat bersih, belum tentu tidak mengandung kotoran sama sekali.

Liputan6.com, Jakarta - Ruangan yang terlihat sangat bersih, belum tentu tidak mengandung kotoran sama sekali. Misalnya, jika Anda ingin tahu berapa banyak sperma yang menempel di sebuah tempat tidur, Anda bisa mengubah smartphone menjadi sebuah black light atau alat pendeteksi kotoran yang andal.

Yang Anda butuhkan adalah selotip dan dua spidol. Langkah ini dipastikan dapat bekerja untuk hampir semua jenis smartphone, yang menjadikannya seperti sebuah black light atau sinar UV.

Pertama-tama, ambil smartphone Anda dan tutup lampu flash dengan selotip. Warnai pita dengan spidol biru, lalu tutupi lagi dengan selotip dan warnai dengan spidol ungu.

Setelah itu aktifkan aplikasi lampu senter yang ada pada smartphone. Dan secara ajaib, Anda langsung memiliki sebuah black light.

Seperti yang diketahui, alat tersebut biasanya dipakai oleh para penyidik untuk mengidentifikasi cairan tubuh, termasuk sperma, keringat, air liur, dan urin. Sperma akan terlihat bersinar terang karena campuran tertentu dari bahan kimia.

Mengutip laman Mirror, Sabtu (6/6/2015), hal itu dikarenakan cairan tubuh berpendar - yang berarti mereka menyerap sinar ultraviolet dan kembali memancarkan sesuatu hal yang tampak bercahaya.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini