Sukses

Apple Perkenalkan iOS 9, Lebih Pintar dan Proaktif

Apple resmi memperkenalkan sistem operasi (OS) mobile terbaru, iOS 9 di konferensi WWDC 2015. Apa saja kelebihan yang ada pada iOS 9?

Liputan6.com, San Fransisco - Apple resmi memperkenalkan sistem operasi (OS) mobile terbaru, iOS 9, Selasa (9/6/2015) di konferensi World Wide Developer Conference 2015 di San Francisco, California.

Secara tampilan tak banyak yang berubah, namun OS mobile anyar ini dilengkapi sejumlah fitur, aplikasi, hingga fungsi baru. Lalu, kapan iOS 9 hadir secara resmi untuk iDevice Anda?

Dilansir Ubergizmo, iOS 9 diharapkan akan dirilis pertama kali untuk pengembang terdaftar, diikuti dengan versi beta untuk publik pada Juli 2015. Versi finalnya diharapkan bakal meluncur pada Oktober 2015, yang kemungkinan berbarengan dengan iPhone generasi baru.

Siri Lebih Responsif

Fitur pertama pada iOS 9 yang ditingkatkan Apple adalah Siri. Siri di iOS 9 diklaim lebih responsif dan proaktif, dimana dapat menyarankan atau melakukan hal sebelum Anda memintanya, mirip dengan Google Now.

Apple mengatakan, Siri 40 persen lebih akurat dari versi sebelumnya. Siri juga dikatakan menjadi lebih cerdas dalam artian dapat membantu Anda mencari smartphone dan membuat reminder.

Siri (ubergizmo.com)

Secara keseluruhan, Siri dapat mempelajari setiap aktivitas dan ketertarikan pengguna. Anda bisa menyuruhnya untuk mencari lokasi di peta, membuka aplikasi, dan melakukan tugas yang lebih kompleks. 

Selanjutnya>>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

NEXT

iOS 9 Tahu Kebiasaan Anda

Dengan iOS 9, Apple menjanjikan platform akan lebih proaktif, yang mana iOS akan mempelajari kebiasaan Anda dan akan dapat melakukan tindakan tanpa harus menunggu Anda membuat input sendiri.

Misalnya, iOS 9 dapat mendeteksi ketika Anda telah menerima undangan via email, setelah itu secara otomatis akan menambahkan even pada kalender. iOS 9 bahkan akan tahu apa yang Anda ingin lakukan di pagi hari dan dapat membuka aplikasi tertentu, seperti Facebook.

Selanjutnya>>>

3 dari 5 halaman

NEXT

Transit, News, dan Notes

Selain itu iOS 9 juga akan dilengkapi aplikasi Transit yang terintegrasi dengan Apple Maps. Fitur ini menyajikan informasi mengenai jenis dan rute kendaraan umum di sebuah kota, sehingga Anda tahu kapan harus berpindah ke sarana transportasi lain dan rute yang harus dinaiki.

Juga ada aplikasi pembaca berita baru, News. Layaknya Flipboard, News menyediakan berita dari banyak sumber, seperti The New York Times, Wired, ESPN dan lain-lain. Tampilannya terlihat dinamis dan interaktif serta dilengkapi animasi paralax dan video.

Notes iOS 9

Yang tak kalah menarik adalah peningkatan untuk aplikasi Notes. Di iOS 9, aplikasi ini memiliki fitur pemilihan warna, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk menggambar.

Selanjutnya>>>

4 dari 5 halaman

NEXT

Buka 2 Jendela dalam 1 Layar

Fitur baru lainnya adalah Multitasking yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan dua jendela aplikasi dalam satu layar. Apple juga menambahkan fitur App Switching dengan tampilan animasi baru yang mirip Windows Aero.

Untuk sistem multitasking, Apple menyediakan fitur bernama Slide Over. Fitur ini memungkinkan Anda membuka jendela tambahan di pinggir layar yang dapat disesuaikan ukurannya dan diganti dengan mudah.

Selanjutnya>>>

5 dari 5 halaman

NEXT

1,5 Kali Lebih Cepat

Soal performa, Apple mengklaim iOS 9 1,5 kali lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya. Ukuran file iOS 9 bahkan jauh lebih kecil dari iOS lainnya, yaitu hanya 1,3 GB.

Yang lebih menarik, iOS 9 juga dilengkapi fitur low-power mode. Dalam keadaan baterai kritis, Anda dapat menggunakannya untuk memperpanjang masa pakai smartphone hingga 3 jam.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini