Sukses

Telkomsel Rambah Bisnis Otomotif

Telkomsel memperkuat layanan Machine to Machine (M2M) miliknya dengan memperkenalkan T-Drive, layanan asisten pengemudi pintar.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel mulai melebarkan sayap bisnisnya ke ranah otomotif. Operator terbesar di Indonesia itu memperkuat layanan Machine to Machine (M2M) miliknya dengan memperkenalkan T-Drive, layanan asisten pengemudi pintar (intelligent driving assistent).

General Manager M2M Product Development Telkomsel, Alfian Manullang menjelaskan alat ini sangat mudah dipasang pada hampir semua mobil yang beredar di Indonesia yang diproduksi tahun 2000 ke atas.

"Cara memasangnya semudah menyolokkan USB, cukup colokkan pada bagian bawah dashboard. Alat ini juga tidak merusak warranty," papar Alfian dalam sesi pemaparan hasil uji jaringan Telkomsel jalur Banyuwangi-Denpasar.

T-Drive merupakan bagian dari layanan M2M (Machine to Machine) Telkomsel dengan fitur utama berupa informasi yang dapat digunakan untuk menganalisa driving performance, real time engine data, memberikan alert dan mengedukasi pelanggan. Alfian menambahkan, jadwal service/maintenance juga bisa dimonitor dengan adanya alat ini.

"Kelebihan perangkat kita adalah alat ini satu-satunya di pasar yang sudah support 2G dan 3G. Kita bisa melihat statistik kecepatan kita. Ada vehicle diagnostic, jadi kalau misalnya status baterainya sudah merah itu berarti peringatan agar segera diganti," jelasnya.

T-Drive bisa dipakai untuk penggunaan pribadi ataupun korporat. Bagi perusahaan, lanjut Alfian, kuantitas dan kualitas pengemudi mobil operasional dapat terpantau dengan mudah, hingga perhitungan overtime dan produktivitas setiap pengemudi.

Beberapa fitur yang disediakan T-Drive antara lain:

- Posisi terakhir saat perjalanan
- evaluasi perjalanan dan score mengemudi
- notifikasi kecepatan tinggi
- notifikasi pengereman mendadak
- notifikasi belokan tajam
- konsumsi BBM
- penunjuk lokasi parkir kendaraan (outdoor)
- Notifikasi aku mobil sudah lemah
- diagnosa mesin kendaraan
- lokasi bengkel terdekat

T-Drive pada dasarnya adalah sebuah layanan penyedia informasi atas kinerja mesin dan perilaku berkendara yang bersumber pada perangkat berteknologi OBD-2, yang terpasang dalam port di kendaraan. Informasi tersebut dapat diakses lewat website maupun lewat aplikasi T-Drive melalui smartphone berbasis Android dan iOS.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.